8 Tips Agar Tetap Terjaga Ketika Merasa Lelah dan Mengantuk

{box_image_contributor}
{box_detail_contributor}
8 Tips Agar Tetap Terjaga Ketika Merasa Lelah dan Mengantuk

Merdeka.com - Sebagian besar dari Anda pasti pernah tidur terlalu larut atau bahkan susah untuk tidur di malam hari sehingga di pagi hari ketika akan melakukan aktifitas seperti bekerja Anda akan merasa lelah dan mengantuk. Badan terasa tidak fit dan malas-malasan untuk melakukan berbagai hal. Berikut adalah tips untuk mengatasi hal tersebut dan akan membuat Anda tetap kuat terjaga untuk melakukan apa yang harus Anda kerjakan.

1. Sinar Matahari
Sinar matahari adalah penguat suasana hati yang cepat dan efektif karena akan menghasilkan vitamin D dalam tubuh Anda yang berfungsi untuk melindungi Anda dari perubahan suasana hati yang tidak menentu.

2. Minum Lebih Banyak Air
Rasa lelah bisa disebabkan oleh dehidrasi, maka dari itu minumlah air lebih banyak agar tidak merasa lelah. Minum setengah liter air dingin adalah cara yang bagus untuk menyegarkan diri Anda ketika cuaca mulai panas.

3. Makan Makanan Yang Tepat
Pastikan Anda tidak melewatkan sarapan dan makan siang serta hindari makanan yang berlemak. Makanlah makanan yang banyak mengandung protein serta hindari untuk minum kopi dan minuman berenergi.

4. Berjalan-jalan
Ketika Anda merasa sangat mengantuk, pergilah untuk berjalan-jalan bahkan jika Anda memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan. Cara tersebut terbukti efektif untuk menghilangkan rasa kantuk dan lelah akibat jenuh dan terlalu banyak duduk. Tidak perlu berjalan-jalan terlalu jauh, cukup berkeliling di sekitar tempat kerja Anda saja sudah cukup untuk mengatasinya.

5. Tarik Nafas Dalam-dalam
Tariklah nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan melalui hidung dan tarik perut Anda ke dalam diafragma Anda untuk membantu mengatasi lelah dan kantuk yang terasa. Lakukan hal tersebut dengan cepat dan berulang-ulang secukupnya.

6. Mendengarkan Musik
Dengarkan musik yang berirama ceria atau semangat untuk mengusir rasa kantuk Anda dalam waktu singkat. Hindari mendengarkan musik yang santai atau kalem seperti musik klasik karena dapat membuat Anda akan semakin ingin tidur.

7. Udara Segar
Ketika Anda merasa mengantuk, menghirup udara segar mungkin sesuatu yang Anda butuhkan untuk merasa lebih terjaga. Bukalah jendela atau berjalan-jalan keluar sebentar ketika istirahat atau jam makan siang.

8. Mandi
Mandi lah bila situasi memungkinkan agar rasa lelah dan kantuk Anda sirna. Jika tidak memungkinkan, Anda cukup membasih muka dengan air dingin, selain membuat wajah lebih segar juga akan membuat Anda lebih terjaga.

{BESMART_WIDGET}