Idrus Marham

Foto:

Idrus Marham


Nama Lengkap : Idrus Marham

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Pinrang, Sulawesi Selatan

Tanggal Lahir : Selasa, 14 Agustus 1962

Zodiac : Leo

Warga Negara : Indonesia


Istri : Ridho Ekasari
BIOGRAFI

Nama Idrus Marham sudah sangat akrab di dunia perpolitikan negara Indonesia. Pria yang juga sangat aktif di dunia akademik ini sering dianggap sebagai simbol perubahan dalam tubuh Partai Golkar. Hanya saja, anggapan tersebut tidak melulu menjadi kesan kosong belaka. Banyak hal yang membuat sosok Marham sebagai pribadi penuh kualitas dan prestasi, baik di bidang akademik hingga, tentunya, politik seperti fakta bahwa mantan Pembantu Rektor III Universitas Islam Attahiriyah adalah Sekjen PPAMPG pertama yang berasal dari kalangan sipil. Selengkapnya


Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Selasa, 15 Januari 2019 14:45:12 Idrus Marham Menolak Disebut Penanggung Jawab Munaslub Golkar

    Pada tahun 2017, saat Setya Novanto tersandung kasus korupsi proyek e-KTP, Idrus sementara waktu mengisi kekosongan yakni sebagai pelaksana tugas Ketua Umum. Sembari menentukan Ketua Umum definitif, partai berlambang pohon beringin itu menggelar munaslub. Dalam susunan kepanitiaan, Idrus Marham sebagai penanggung jawab

  • Selasa, 15 Januari 2019 13:32:12 Idrus Marham Didakwa Terima Suap Rp 2,25 M Buat Munaslub Golkar

    Dalam susunan kepanitiaan, Idrus Marham sebagai penanggung jawab sedangkan Eni sebagai bendahara.

  • Selasa, 15 Januari 2019 13:00:51 Percaya Integritas JPU, Idrus Marham Pilih Tak Ajukan Eksepsi

    Idrus yakin tidak ada keterangan terdakwa lainnya yakni Johannes Budisutrisno Kotjo dan Eni Maulani Saragih mengenai adanya penerimaan uang atau janji oleh Idrus Marham. Oleh karena itu, dia siap mendengarkan keterangan saksi-saksi di sidang ke depannya.

  • Jumat, 28 Desember 2018 08:07:00 Skandal Korupsi Paling Menyita Perhatian Sepanjang 2018

    Korupsi enggak ada henti-hentinya di negeri ini. Para pejabat tak jera meski sudah banyak penjahat kerah putih dijebloskan ke penjara. Duit rakyat ditilap seenaknya untuk memperkaya diri sendiri.

  • Rabu, 26 Desember 2018 11:14:15 Petinggi PLN Maluku dan Papua Diperiksa KPK Terkait Kasus Suap Idrus Marham

    Pada kasus ini, KPK baru menjerat tiga orang tersangka, yakni mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih, pemilik Blackgold Natural Resources Limited Johanes Budisutrino Kotjo, dan mantan Sekjen Golkar Idrus Marham. Idrus diduga secara bersama-sama dengan Eni menerima hadiah atau janji dari Johanes.

  • Selasa, 18 Desember 2018 10:17:53 Lengkapi Berkas Idrus Marham, KPK Periksa Direktur PT Smelting

    Direktur PT Smelting Prihadi Santoso kembali dipanggil penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham.

  • Senin, 17 Desember 2018 10:26:25 Lengkapi Berkas Idrus Marham, KPK Periksa Dirjen PSLB3 Kementerian LHK

    Lengkapi Berkas Idrus Marham, KPK Periksa Dirjen PSLB3 Kementerian LHK. Penyidik KPK juga turut menjadwalkan pemeriksaan terhadap Diah Aprilianingrum. Staf Admin mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih itu akan diperiksa sebagai saksi untuk Idrus Marham.

  • Senin, 3 Desember 2018 14:11:21 Pengusaha Penyuap Eni dan Idrus Marham Anggap Pemberian Uang ke Golkar Wajar

    Pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo menyampaikan pleidoi atau nota pembelaan atas tuntutan 4 tahun oleh jaksa penuntut umum pada KPK. Johannes Kotjo dianggap terbukti memberi suap kepada Eni Maulani Saragih dan Idrus Marham sebesar Rp 4,750 miliar terkait pengerjaan proyek PLTU Riau-1.

  • Kamis, 29 November 2018 18:53:41 Suap PLTU Riau untuk Pemenangan Bupati Temanggung, Idrus Minta Tunggu Persidangan

    Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut penerimaan gratifikasi tersebut digunakan untuk pemenangan Muhammad Al Khadziq menjadi Bupati Temanggung periode 2018-2023. Al Khadziq merupakan suami dari Eni Saragih.

  • Kamis, 29 November 2018 09:39:20 Kasus Suap PLTU Riau-1, KPK Perpanjang Penahanan Tersangka Idrus Marham

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Idrus Marham (IM) dalam kasus dugaan suap PLTU Riau-1.

  • Rabu, 28 November 2018 11:57:36 Kasus PLTU Riau-1, KPK Periksa Kepala Divisi Batubara PLN buat Tersangka Idrus Marham

    Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kepala Divisi Batubara PLN, Harlen dan Kepala Divisi Pengembangan Regional Sulawesi, Suwarno, terkait kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. Keduanya dipanggil sebagai saksi untuk tersangka mantan Sekjen Golkar Idrus Marham.

  • Selasa, 27 November 2018 10:57:11 Dalami Kasus Idrus Marham, KPK Periksa Pejabat PT PLN

    Proyek PLTU Riau-1 sendiri masuk dalam proyek 35 ribu Megawatt yang rencananya bakal digarap Blackgold, PT Samantaka Batubara, PT Pembangkit Jawa-Bali, PT PLN Batubara dan China Huadian Engineering Co. Ltd.

  • Senin, 26 November 2018 10:27:33 Dalami Kasus Idrus Marham, KPK Panggil Direktur Keuangan PT PJB Investasi

    Dalam kasus ini, KPK baru menjerat tiga orang tersangka, yakni Eni Maulani Saragih, pemilik Blackgold Natural Resources Limited Johanes Budisutrino Kotjo, dan mantan Sekjen Golkar Idrus Marham. Idrus diduga secara bersama-sama dengan Eni menerima hadiah atau janji dari Johanes terkait kasus ini.

  • Jumat, 16 November 2018 13:58:19 Idrus Marham soal Dugaan Keterlibatan Sofyan Basir: Itu Urusan Penyidik

    Mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham menyerahkan sepenuhnya kasus dugaan suap PLTU Riau-1 kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Termasuk soal dugaan keterlibatan Direktur Utama PLN Sofyan Basir.

  • Jumat, 16 November 2018 10:32:39 KPK Kembali Panggil Idrus Marham Terkait Suap PLTU Riau-1

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham dalam kasus dugaan suap PLTU Riau-1. Mantan Menteri Sosial itu akan diperiksa sebagai tersangka.

  • Kamis, 15 November 2018 14:38:56 Cerita Johannes Kotjo Dipalak Biayai Rapat Pleno Golkar

    Permintaan uang Eni Maulani atas perintah Idrus Marham. Dalam percakapan Whatsapp tertanggal 17 November 2017 yang ditampilkan jaksa penuntut umum KPK, Eni meminta Kotjo agar menyediakan SGD 400 ribu bersamaan penyelenggaraan rapat pleno Golkar di Hotel Sultan, Jakarta. Permintaan itu kemudian ditolak Kotjo.

  • Selasa, 13 November 2018 14:20:39 KPK Dalami Aliran Suap PLTU Riau-1 untuk Pilkada Temanggung

    Empat saksi yang diperiksa untuk Idrus Marham adalah Jumadi dan Mahbub selaku pihak swasta, Rochmat Fauzi Trioktiva H selaku guru swasta, dan anggota DPRD Temanggung Slamet Eko Wantoro.

  • Selasa, 13 November 2018 10:25:27 Lengkapi Berkas Idrus Marham, KPK Periksa 4 Orang Saksi

    Idrus disebut berperan sebagai pihak yang membantu meloloskan Blackgold untuk menggarap proyek PLTU Riau-1. Mantan Sekjen Golkar itu dijanjikan uang USD 1,5 juga oleh Johanes jika Johanes berhasil menggarap proyek senilai USD 900 juta itu.

  • Jumat, 9 November 2018 00:04:36 KPK putar rekaman sadapan Idrus Marham minta USD 2,5 juta di kasus PLTU Riau-1

    "Terhadap Idrus Marham yang diperiksa sebagai saksi, tadi diperdengarkan rekaman komunikasi antara dirinya dengan ES (Eni Saragih) terkait USD 2,5 juta. Penyidik perlu memperdalam beberapa fakta terkait hal tersebut," jelas Febri.

  • Selasa, 6 November 2018 16:42:40 Mengeluh sakit, Idrus Marham batal diperiksa terkait suap PLTU Riau

    Idrus sendiri tak ada dalam jadwal pemeriksaan yang diterbitkan pihak lembaga antirasuah. Namun, menurut Febri, kedatangan Idrus hendak diperiksa sebagai saksi untuk mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih (EMS).

Berita Selengkapnya

Foto Selengkapnya