Hasyim Muzadi

Foto:

Hasyim Muzadi


Nama Lengkap : Hasyim Muzadi

Alias : KH. Achmad Hasyim Muzadi | Achmad Hasyim Muzadi

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Bangilan, Tuban, Jawa Timur

Tanggal Lahir : Selasa, 8 Agustus 1944

Zodiac : Leo

Warga Negara : Indonesia


Ayah : H. Muzadi
Ibu : Hj. Rumyati
Istri : Hj. Muthomimah
BIOGRAFI

KH. Ahmad Hasyim Muzadi adalah mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama (NU). Selain itu, Hasyim Muzadi pernah menjadi pengasuh pondok pesantren Al-Hikam, Malang, Jawa Timur. Hasyim lahir di Tuban pada tanggal 8 Agustus 1944 dari pasangan H. Muzadi dengan istrinya Hj. Rumyati. Selengkapnya


Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Senin, 19 Maret 2018 00:40:00 Hadiri acara haul, Khofifah sebut KH Hasyim Muzadi sosok NU tak tergantikan

    Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku begitu mengagumi ketauladanan almarhum KH Hasyim Muzadi. Menurutnya, mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) itu sebagai sosok NU tulen yang belum ditemukan penggantinya.

  • Selasa, 15 Agustus 2017 13:41:52 Hasyim Muzadi dan Bagir Manan terima bintang kehormatan dari Jokowi

    Hasyim Muzadi dan Bagir Manan terima bintang kehormatan dari Jokowi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan tanda bintang kehormatan kepada para tokoh yang dianggap telah berjasa untuk negara. Penghargaan ini diberikan sekaligus memperingati HUT ke-72 RI.

  • Sabtu, 27 Mei 2017 18:00:00 Basmi buta Alquran, 21 Hafiz Pesantren Al-Hikam ke perbatasan RI

    Yusron mengungkapkan tujuan dari kegiatan tersebut salah satunya adalah menginternalisasi nilai Alquran di masyarakat mulai dari tilawah atau membaca, penghayatan dan pemaknaan Alquran di daerah kategori 3 D.

  • Minggu, 23 April 2017 20:40:41 Warga dan santri berbaur hadiri 40 hari wafatnya Hasyim Muzadi

    Warga & santri berbaur hadiri 40 hari wafatnya Hasyim Muzadi. Masjid dipenuhi para santri, warga sekitar dan Nahdiyin. Terlihat sejumlah ulama, tokoh dan pejabat yang hadir antara lain Quraish Shihab. Lantunan ayat suci Alquran terdengar dari dalam masjid.

  • Minggu, 23 April 2017 19:14:00 Hasyim Muzadi Institute dibangun untuk pengkaderan ulama dan santri

    Hasyim Muzadi Institute akan dibangun untuk pendidikan santri. Salah satu pesan Hasyim Muzadi agar memperkuat kader pesantren dan ulama di bidang politik kebangsaan dan pengetahuan ahli sunnah waljamaah.

  • Jumat, 21 April 2017 00:07:13 Muhammadiyah: Negeri ini perlu pemimpin bernurani

    Yusron mengatakan buku ini menjadi sejarah bagi NU bahwa Muhammadiyah telah membuat buku tentang ulama dari NU, sehingga sebaliknya.

  • Kamis, 20 April 2017 21:38:27 Guyon JK: Saya pernah bersaing dengan Hasyim Muzadi tapi saya menang

    Guyon JK: Saya pernah bersaing dengan Hasyim Muzadi tapi saya menang. JK melontarkan candaan saat keduanya bertarung di Pilpres 2004. Saat itu Hasyim mendampingi Megawati Soekarnoputri sedangkan JK bersanding dengan SBY. JK juga melempar guyon soal buku Hasyim yang diterbitkan Muhammadiyah.

  • Kamis, 20 April 2017 20:56:04 Wapres JK hadiri peluncuran buku untuk Hasyim Muzadi

    Selain JK hadir pula sejumlah tokoh dalam acara yang digelar di Aula KH Ahmad Dahlan. Seperti Ketua umum Muhammadiyah Haedar Natsir, Ketua Dewan Pembina MUI Din Syamsuddin, Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketum PPP Romahurmuziy, Mendikbud Muhajir Effendi, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan politisi senior PAN Amien Rais.

  • Jumat, 17 Maret 2017 10:56:54 Mengenang Pak Hasyim

    Banyak yang almarhum wariskan untuk bangsa Indonesia, khususnya warga NU. Perjalanan hidupnya adalah perjalanan pengabdian yang panjang untuk NU dan bangsa Indonesia.

  • Jumat, 17 Maret 2017 10:36:19 Anies: Saya bersyukur pernah belajar dari KH Hasyim Muzadi

    Mengenakan baju koko putih dan peci hitam, kedatangan Anies disambut oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Anies pun bergegas memasuki rumah duka untuk ikut berdoa sembari menunggu kedatangan jenazah.

  • Jumat, 17 Maret 2017 09:03:00 Infografis: Kiprah ulama besar KH Hasyim Muzadi di Indonesia

    Bangsa Indonesia masih berduka atas meninggalnya KH Hasyim Muzadi, Kamis kemarin. Bukan hanya dikenal sebagai sosok ulama besar, banyak perjuangan dilakukan demi Tanah Air. Sehingga banyak kerabat mempunyai kesan melekat.

  • Jumat, 17 Maret 2017 07:31:00 Kenangan dan bangga mereka pada sosok KH Hasyim Muzadi

    Kenangan dan bangga mereka pada sosok KH Hasyim Muzadi. Kepergian Kiai Hasyim mengagetkan banyak pihak utamanya warga Nahdliyin. Sosoknya yang santun membuat orang yang pernah bertemu dengannya terkesan.

  • Jumat, 17 Maret 2017 04:27:00 Akbar Tandjung sebut Hasyim bawa Islam berorientasi pada kemajuan

    ​Akbar Tanjung sebut KH Hasyim bawa Islam berorientasi pada kemajuan. Dia mengatakan, sempat menjenguk KH Hasyim Muzadi pada hari Jumat lalu. "Hari jumat lalu sempat datang ke kediaman beliau, dan mengajak adik saya yang HMI, beliau di tempat tidur diajak komunikasi. Kelihatannya beliau tidak bisa merespons,"

  • Jumat, 17 Maret 2017 02:32:00 Kiai Hasyim di mata Emil: Sosok kharismatik yang membela toleransi

    Kiai Hasyim di mata Emil: Sosok kharismatik yang membela toleransi. Ridwan Kamil mendoakan agar Kiai Hasyim diterima iman serta Islamnya. Serta berharap agar muslim di Indonesia meneladani Kiai Hasyim.

  • Kamis, 16 Maret 2017 22:54:32 Wali Kota Depok: Hasyim Muzadi pemikir yang strategis

    Wali Kota Depok: Hasyim Muzadi pemikir yang strategis. Kepada dirinya Hasyim juga berpesan agar menjaga amanah yang diberikan masyarakat. Pesan Hasyim kepada Idris jangan sampai jabatan dan posisi yang diamanah pada Idris disia-siakan.

  • Kamis, 16 Maret 2017 22:02:00 Kenangan Dedi Mulyadi pada sosok Kiai Hasyim Muzadi

    Kenangan Dedi Mulyadi pada sosok Kiai Hasyim Muzadi. Dedi menceritakan, pernah mendapat amanat dari Kiai Hasyim saat masih menjabat ketua PBNU. Amanat yang disampaikan adalah membuat kantor cabang NU di Purwakarta. "Seluruh amanatnya sudah saya laksanakan," kata Dedi.

  • Kamis, 16 Maret 2017 21:16:00 Djarot kenal Hasyim Muzadi sebagai penyabar dan rendah hati

    Djarot kenal Hasyim Muzadi sebagai penyabar dan rendah hati. Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta petahana Djarot Syaiful Hidayat sedikit bercerita soal pengalamannya bertemu dengan Ketum PBNU KH Hasyim Muzadi. Djarot mengaku suka mengikuti Hasyim Muzadi saat memberikan tausyiah di Blitar.

  • Kamis, 16 Maret 2017 21:04:00 KH Hasyim Muzadi dan peran besarnya untuk sepakbola

    Selain punya banyak sumbangan dalam dunia dakwah, politik dan pendidikan, KH Hasyim juga meninggalkan jejak positif di dunia sepakbola.

  • Kamis, 16 Maret 2017 20:26:06 Hidayat Nur Wahid kenang Hasyim Muzadi sosok rendah hati dan humoris

    Hidayat Nur Wahid kenang Hasyim Muzadi sosok rendah hati dan humoris. Hidayat Nur Wahid juga mengenal Hasyim Muzadi sebagai sosok yang dekat dengan junior.

  • Kamis, 16 Maret 2017 17:43:03 KH Hasyim Muzadi dimakamkan di lokasi awal sesuai wasiat

    Jenazah KH Hasyim Muzadi dimakamkan di tempat pertama yaitu di samping Sekolah Tinggi Kulliyatul Quran (STKQ). Tempat ini adalah permintaan terakhir almarhum sebelum wafat.

Berita Selengkapnya

Foto Selengkapnya