Harold E. Lambert

Foto:

Harold E. Lambert


Nama Lengkap : Harold E. Lambert

Alias : No Alias

Profesi : Peneliti

Tempat Lahir : Pield Heath

Tanggal Lahir : Rabu, 0 -1 1893

Warga Negara : Inggris


Istri : Grace Firr
BIOGRAFI

Harold E Lambert adalah seorang pakar linguistik dan antropologi di Kenya. Lambert dilahirkan pada tahun 1893 di Pield Heath dan di besarkan di Bournemouth. Sebelum menjadi komandan pleton di Gloucestershire Regiment saat Perang Dunia I, Lambert sempat menempuh pendidikan di Queen’s College, Cambridge. Meskipun sempat terluka di Battle of the Somme pada bulan Juli 1916, Lambert melanjutkan karirnya di dunia militer dengan bergabung pada King's African Rifles di Nyassaland saat ada perang melawan pasukan Jerman di Tanganyika.

Pada tahun 1919, Lambert pindah ke Afrika Timur di mana akhirnya dia mempelajari bahasa, budaya dan sejarah bangsa Swahili. Lambret pun akhirnya fasih untuk berbicara bahasa Swahili. Karena perhatiannya yang besar terhadap sejarah dan budaya Swahili, Lambert pun terkenal dengan julukan Syeikh Lambert. Saat Lambert di pindah tugaskan ke daerah-daerah lain seperti Kiambu, Lamu, Embu, Kenya, dan Voi, reputasinya selalu memukau karena pengetahuannya tentang hukum dan budaya. Akhirnya, pada tahun 1939, pemerintahan Inggris di Kenya menominasikannya sebagai perwira OBE (Order of the British Empire) dan mempromosikannya untuk masuk dalam jajaran Komisaris Senior.

Lambert menikah dengan seorang perawat bernama Grace Firr, putri dari seorang pemburu terkenal bernama Tom Firr. Setelah Lambert pension dari dunia militer pada tahun 1950, dia dan istrinya tinggal di Nairobi. Sampai Lambert meninggal pada tahun 1967 di Nairobi, Lambert sangat aktif sebagai ahli bahasa Swahili. Lebih dari itu, banyak antropolog dan linguis yang sangat terbantu oleh pengetahuan yang dimiliki oleh Lambert, dan juga bantuan yang diberikan saat mereka melakukan penelitian.

Lambert mempunyai banyak karya yang diterbitkannya semasa hidup, antara lain The Use of Indigenous Authorities in Tribal Administration: Studies of the Meru in Kenya Colony  dan Land Tenure Among the Akamba yang diterbitkan pada tahun 1947.

 

Riset dan analisa oleh Rica Naza Qimala

PENDIDIKAN
  • Queens' College, Cambridge
KARIR
  • Komandan Pleton di Gloucestershire Regiment
  • Letnan Muda pada King's African Rifles
  • Komisioner
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
    Data Kosong

Sebelumnya