Harold Demsetz

Foto:

Harold Demsetz


Nama Lengkap : Harold Demsetz

Alias : No Alias

Profesi : Tokoh Pendidikan

Tempat Lahir : Chicago, Illinois

Tanggal Lahir : Sabtu, 31 Mei 1930

Zodiac : Gemini

Warga Negara : Amerika Serikat


No Relation
BIOGRAFI

Harold Demsetz lahir pada 31 Mei 1930 di Chicago, Illinois. Dia adalah seorang professor di UCLA (University of California at Los Angeles). Demsetz mempelajari ilmu teknik, filosofi dan kehutanan di empat universitas sebelum akhirnya mendapatkan gelar sarjana ekonomi di Universitas Illinois. Lalu, pada tahun 1954, Demsetz mendapatkan gelar masternya dari Universitas Northwestern. Dia pun juga mendapatkan gelar doktornya dari Universitas Northwestern. Semasa kuliah, Demsetz menerbitkan artikel tentang ekonomi di Econometrica dan Journal of Political Economy.

Karirnya sebagai dosen pun berjalan dengan baik. Demsetz mengajar sebagai dosen di Universitas Michigan pada tahun 1958-1960, di UCLA pada tahun 1960-1963, mengajar pula di Universitas Chicago pada tahun 1963-1971. Pada tahun 1971, Demsetz kembali mengajar di UCLA dan mengetuai jurusan ekonomi pada tahun 1978-1980. Tidak hanya itu, pada tahun 1986 sampai tahun 1995, Demsetz mengadakan  Arthur Andersen UCLA Alumni Chair di jurusan ekonomi bisnis.

Lebih jauh lagi, Demsetz adalah anggota dari American Academy of Arts and Sciences, direktur dari Mont Pelerin Society, dan juga presiden dari Asosiasi Ekonomi Barat pada tahun 1996. Penelitian-penelitian Demestz lebih banyak berfokus pada hak milik, perusahaan bisnis, masalah-masalah pada monopoli, kompetisi dan ketidakpercayaan pada bidang ekonomi.

Pada tahun 1994, Demsetz menerima penghargaan sebagai Honorary Doctorate in Humane Letters dari Universitas Northwestern. Selain itu, pada 1996, beliau menerima penghargaan sebagai Honorary Doctorate in Social Science dari Universitas Francisco Marroquin. Nama Harold Demsetz juga muncul pada daftar Who’s Who in America.

Beberapa hasil penelitiannya yang telah dipublikasikan antara lain adalah Toward a Theory of Property Rights pada tahun 1967, Why Regulate Utilities? pada tahun 1968 dan Information and Efficiency: another viewpoint pada tahun 1969.

 

Riset dan analisa oleh Rica Naza Qimala

PENDIDIKAN
  • Sarjana ekonomi dari Universitas Illinois pada tahun 1953
  • Master dari Universitas Northwestern 1954
  • Doktor dari Universitas Northwestern 1959
PENGHARGAAN
  • Honorary Doctorate in Humane Letters (1994)
  • Honorary Doctorate in Social Science (1996)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
    Data Kosong

Sebelumnya