Han Seung-soo

Foto:

Han Seung-soo


Nama Lengkap : Han Seung-soo

Alias : No Alias

Profesi : Birokrat

Agama : Katolik

Tempat Lahir : Gangwon, South Korea

Tanggal Lahir : Senin, 28 Desember 1936

Zodiac : Capricorn

Hobby : Mountain hiking, playing game of baduk, collecting autobiographies & biographies


No Relation
BIOGRAFI

Dr. Han Seung-soo adalah anggota Majelis Nasional Republik Korea, yang terpilih pada tahun 1988. Dr. Han telah bertugas di banyak bidang, termasuk sebagai Menteri Luar Negeri dan Perdagangan dari Maret 2001 sampai Februari 2002. Dari tahun 1996 sampai 1997, ia adalah Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan dan Ekonomi dan menjabat sebagai kepala staf Presiden dari 1994 sampai 1995. Ia memegang jabatan Menteri Perdagangan dan Industri dari 1988 hingga 1990. Pada tahun 1993 dan 1994, Dr. Han mewakili Republik Korea sebagai Duta besar untuk Amerika Serikat, dan ia adalah mantan Chairman of the Council of the Republic of Korea Group of the Inter-Parliamentary Union (IPU).

Sepanjang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dan Perdagangan, Dr Han memainkan peran utama dalam memajukan kebijakan pemerintahnya dalam perdamaian dan rekonsiliasi di Semenanjung Korea. Selama periode ini, Perdana Menteri Swedia, dalam kapasitasnya sebagai Presiden Uni Eropa, membuat berbagai kunjungan inovatif ke Seoul dan Pyongyang pada Mei 2001. Dr. Han juga memberikan kontribusi untuk mengatasi tantangan terorisme internasional dalam berbagai cara seperti berpartisipasi dalam konferensi Tokyo pada rekonstruksi bantuan ke Afghanistan yang diadakan pada bulan Januari 2002.

Sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan dan Ekonomi, Dr Han adalah kepala pembuat kebijakan ekonomi. Ia adalah Menteri utama yang mengawasi perundingan-perundingan untuk aksesi Republik Korea untuk Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 1996. Ia juga meramalkan bahwa usaha bisnis akan bermain dalam perekonomian negara di abad ke dua puluh satu, serta memulai dan giat mempromosikan undang-undang sistem insentif opsi saham dan pasar saham KOSDAQ yang berbasis teknologi.

Selama masa jabatannya sebagai kepala staf Presiden, Dr Han membantu Presiden secara efektif melaksanakan program-program reformasi di semua bidang kebijakan nasional. Saat itu pula, pemilu lokal berlangsung, dan memulihkan otonomi lokal untuk pertama kalinya dalam 35 tahun. Pada periode ini juga tawaran bantuan ekonomi pertama secara kemanusiaan, diberikan untuk Democratic People’s Republic of Korea (DPRK) dalam bentuk beras.

Sepanjang masa jabatannya sebagai duta besar Republik Korea untuk Amerika Serikat, Dr Han aktif terlibat dalam penyelesaian masalah nuklir Korea Utara, termasuk krisis nuklir pada musim semi tahun 1993.

Sebagai Menteri Perdagangan dan Industri, Dr.Han berperan penting dalam negosiasi Super 301 dengan Amerika Serikat yang membantu meluncurkan Republik Korea di jalan menuju hubungan perdagangan yang baru dengan Amerika Serikat dan negara-negara lain. Pada tahun 1989, ia adalah salah satu initiators dari Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC), sebuah forum yang saat ini diadakan setiap tahun di negara-negara Asia Pasifik untuk membahas cara-cara untuk mempromosikan kerjasama ekonomi daerah. Ia menginisiasi Taejon International Exposition pada tahun 1993, yang merupakan Expo pertama yang akan diadakan di negara yang belum sepenuhnya negara industri tersebut. Ia mendirikan Korea Academy of Industrial Technology (KAITEC) pada tahun 1989, ditujukan untuk memperluas dasar teknologi usaha kecil dan perusahaan kelas menengah.

Dari 1987-1988, Dr. Han menjabat sebagai Chairman of the Korea Trade Commission yang pertama dan bekerja sebagai anggota Commission on Tax Reform, the Commission on Bank Reform dan Commission on Tariff Reform, yang kesemuanya ditetapkan oleh Departemen Keuangan selama tahun 1980-an. Ia menjabat sebagai President of the Korea International Economic Association dari tahun 1983 hingga 1984. Sebelum bergabung dengan pemerintah, ia menjabat sebagai penasihat untuk beberapa organisasi sektor publik dan swasta, termasuk Bank of Korea (di mana ia kemudian menjabat sebagai Ketua Dewan moneter ketika ia memegang jabatan Menteri Keuangan), Korea Export-Import Bank, the Korea Industrial Bank, the Korea Chamber of Commerce and Industry, Federation of Korea Industries and the Korea International Trade Association. Ia juga bekerja sebagai konsultan untuk Bank Dunia dan Komisi Ekonomi PBB untuk Asia dan Pasifik (ESCAP). Ia disokong oleh Bank Dunia untuk mengabdi sebagai penasihat keuangan pemerintah Jordania dari 1974 hingga 1976.

Sebelum terpilihnya ia sebagai anggota National Assembly dari kota kelahirannya Chunchon di Provinsi Kangwoon pada tahun 1988, Dr. Han telah menempuh sejumlah karir akademik yang cukup panjang. Ia adalah seorang profesor ekonomi di Universitas Nasional Seoul dari 1970 hingga 1988. Mengajar mata kuliah ekonomi di Universitas York pada 1965-1968, dan pada Departemen Ekonomi Terapan di Universitas Cambridge, dan Emmanuel College, Cambridge, dari tahun 1968 sampai 1970. Dia adalah Senior Fulbright Scholar di Departemen Ekonomi Universitas Harvard, dari tahun 1985 hingga tahun 1986, dan seorang profesor tamu di Fakultas of Liberal Arts and Sciences, Universitas Tokyo dari tahun 1986 sampai 1987.

Menempuh pendidikan di Yonsei University dan Seoul National University, ia memperoleh gelar doktor dalam bidang ekonomi dari Universitas York, Britania Raya, pada tahun 1968 dan dianugerahi dokter kehormatan dari universitas yang sama pada tahun 1997. Dia adalah penerima penghargaan keenam European Communities Prize, pada 1971 untuk tesis doktoratnya; “The Growth and Function of the European Budget”.

Saat ini, Dr.Han adalah Distinguished Visiting Professor di Graduate School of International Studies di Universitas Yonsei di Seoul dan profesor kehormatan di Universitas York, Britania Raya. Ia menjabat sebagai President of the Korea-Britain Society, President of the Korea-UK Forum for the Future, dan President of the Alumni Association of the Graduate School of Public Administration of Seoul National University. Ia juga merupakan anggota dari beberapa asosiasi profesional, termasuk Royal Economic Society, the Korean Economic Association, the International Institute of Public Finance, the Seoul Forum for International Affairs, the Korean Council on Foreign Relations, the Korean Society for Future Studies, the Korea Association of Public Administration dan the Bretton Woods Club.

Beberapa publikasinya termasuk “The Health of Nations” (Seoul Computer Press, 1985), “Britain and the Common Market” (Cambridge University Press, 1971) (co-authored), “Taxes in Britain and the EEC: The Problem of Harmonization” (PPE and Chatham House, 1968) (co-authored) dan “The Growth and Function of the European Budget” (Yusong Publishing Co., 1971). Sebagai tambahan publikasi ini, ia juga telah menulis banyak artikel professional dan komentar-komentar press baik dalam bahasa Korea maupun Inggris.

Dr. Han memperoleh berbagai macam penghargaan bergengsi, di antaranya adalah Order of Public Service Merit (First Class, Blue Stripes), Order of Industrial Merit (Bronze Tower) , dan Order of National Security Merit (Cheonsu Medal).  Dia juga penerima pertama Columbia Law School/Parker School Award for Distinguished International Service pada tahun 1997 .

Dr.Han gemar sekali mendaki gunung, memainkan permainan baduk, dan mengumpulkan autobiografi dan biografi orang ternama.

Riset dan Analisa oleh Siwi P. Rahayu

PENDIDIKAN
  • Yonsei University
  • Seoul National University
  • University of York
KARIR
  • Member of the Republic of Korea's National Assembly
  • Minister of Foreign Affairs and Trade
  • Deputy Prime Minister and Minister of Finance and Economy
  • Chief of Staff to the President
  • Minister of Trade and Industry
  • Ambassador of the Republic of Korea to the United States
  • Chairman of the Council of the Republic of Korea Group of the Inter-Parliamentary Union (IPU).
  • Professor of Economics at Seoul National University
  • Lecturer at the University of York
  • Department of Applied Economics, University of Cambridge
  • Emmanuel College, Cambridge
  • Senior Fulbright Scholar at the Department of Economics, Harvard University
  • visiting Professor at the Faculty of Liberal Arts and Sciences, University of Tokyo
  • Distinguished Visiting Professor at the Graduate School of International Studies at Yonsei University in Seoul
  • Honorary Professor at the University of York, United Kingdom
  • President of the Korea-Britain Society
  • President of the Korea-UK Forum for the Future
  • President of the Alumni Association of the Graduate School of Public Administration of Seoul National University.
PENGHARGAAN
  • Order of Public Service Merit (First Class, Blue Stripes)
  • Order of Industrial Merit (Bronze Tower)
  • Order of National Security Merit (Cheonsu Medal)
  • Columbia Law School/Parker School Award for Distinguished International Service
  • Honorary Doctor of the University, University of York
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya