Hamdan Zoelva

Foto:

Hamdan Zoelva


Nama Lengkap : Hamdan Zoelva

Alias : No Alias

Profesi : Birokrat

Tanggal Lahir : Kamis, 21 Juni 1962

Zodiac : Gemini


No Relation
BIOGRAFI

Hamdan Zoelva lahir pada tanggal 21 Juni 1962 di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Sarjana Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar 1986 ini menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi RI yang ke-4 sejak 1 November lalu mengggantikan Akil Mokhtar yang terjerat kasus hukum.

Karirnya diawali sejak tahun 1987, ia menjalankan praktik sebagai pengacara di Jakarta. Pada 1995 ia diangkat sebagai Advokad oleh Menteri Kehakiman RI. Ia juga terdaftar sebagai Konsultan Hukum di Pasar Modal di BAPEPAM dan menjadi Advokat PERADI. Karirnya di Mahkamah Konstitusi Indonesia dimulai sejak tahun 2010 menjadi Hakim Konstitusi.

Tak lama ia mulai menjadi salah satu petinggi pemerintahan. Pada periode 1999-2004, ia menjadi anggota DPR RI, menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II yang membidangi urusan hukum, pengadilan, politik dalam negeri dan otonomi daerah. Ia juga sebagai pelaku Fit dan Proper test bagi pengangkatan Hakim Agung.

Ia terpilih sebagai ketua dari Mahkamah Konstitusi Indonesia Periode 2013-2016 didampingi oleh Hakim Konstitusi Arief Hidayat. Ia berhasil maju sebagai ketua setelah menyingkirkan Arief Hidayat lewat dua putaran. Resmi dilantik pada tanggal 31 Oktober 2013 dan mulai aktif sebagai ketua Mahkamah Konstitusi menggantikan Akil Mokhtar.

 

Riset dan analisis oleh Anugrah Yogi Pranata

Last update: 14:00 4/11/2013

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya