Hamad ibn Isa Al-Khalifah

Foto:

Hamad ibn Isa Al-Khalifah


Nama Lengkap : Hamad ibn Isa Al-Khalifah

Alias : Hamad bin Isa Al Khalifa

Profesi : Birokrat

Agama : Islam

Tempat Lahir : Riffa, British Bahrain

Tanggal Lahir : Sabtu, 28 Januari 1950

Zodiac : Aquarius

Hobby : Falconry | Golf | Mancing | Tenis | Sepakbola | Berkuda

Warga Negara : Bahrain


Ayah : Isa bin Salman Al Khalifa
Ibu : Hessa bint Salman Al Khalifa
Istri : Queen Sabika bint Ibrahim Al Khalifa, Sheikha Sheia bint Hassan Al-Khrayyesh Al-Ajmi
BIOGRAFI

Hamad bin Isa Al Khalifa dinobatkan menjadi Raja Bahrain pada 14 Februari 2002. Raja Hamad adalah putra dari Raja Bahrain sebelumnya, Isa bin Salman Al Khalifa yang lahir di Riffa, Bahrain pada 28 Januari 1950. Ia menyelesaikan pendidikan dasarnya di dalam negeri, diangkat sebagai Putra Mahkota Bahrain pada 27 Juni 1964, dan kemudian melanjutkan pendidikannya di Inggris, tepatnya 

 Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, ia dinyatakan Putra Mahkota Bahrain pada 27 Juni , 1964 . Ia melanjutkan pendidikan di Inggris, yaitu Leys Public School di  Cambridge dan  graduated dari the Mons Officer Cadet School di  Aldershot pada tahun 1968. Ia juga belajar di  the Royal Military Academy di kota Sandhurst. 

Raja Hamad memegang peranan yang sangat penting dalam pendirian Bahrain Defence Force (BDF) yang diciptakan pada bulan Agustus 1968 melalui piagam kerajaan, dan dia menetapkan dirinya sebagai Commander In Chief sampai ia menjadi Emir pada tahun 1999 

Raja Hamad menikahi sepupunya Cheikha Sabika Binti Ibrahim Al Khalifa pada 9 Oktober , 1968 dan dikaruniai tiga putra dan satu putri. 

Ia memimpin Bahrain Defence Directorate, dan juga anggota dari State Council sejak didirikan pada Januari 1970 . Bahrain bersama Qatar dan Trucial States, mencoba untuk membuat sebuah serikat Emirat pada tahun 1968 ketika pemerintah Inggris memutuskan untuk mengakhiri pendudukannya di Teluk Persia . Emirates gagal mencapai konsensus mengenai hal serikat, dan pada 15 Agustus , 1971 , Bahrain menjadi sepenuhnya independen. Raja Hamad diangkat sebagai Menteri Pertahanan pada saat itu. 

Setelah mendapat gelar National Diploma in Military Administration from the Industrial College for the Military Forces in Washington pada Mei 1972 , Raja Hamad terdaftar di US Army Command and Staff College at Fort Leavenworth in the USA pada bulan Juni 1972, lulus dengan pujian dalam Kepemimpinan setahun kemudian. 

Kembali ke Bahrain, ia diangkat sebagai Deputi Deputy to the Head of the Al Khalifa Family Counci pada tahun 1974 . Raja Hamad juga ditunjuk untuk menjabat sebagai President of the Supreme Council of Youth and Sports pada tahun 1978 . Ia lulus sebagai pilot helicopter pada tahun 1978, dan mendirikan  Bahrain Air Force segera setelahnya. Pada tahun yang sama, ia juga mendirikan Bahrain Historical Documents Centre, serta mendirikan  Bahrain Centre for Studies and Research Penelitian pada tahun 1981 . 

Setelah kematian tak terduga ayahnya pada Maret 6 , 1999 , Sheikh Hamad berhasil naik takhta sebagai Emir of Bahrain. Dia memperkenalkan reformasi sosial dan politik, termasuk pelepasan sejumlah besar tahanan politik, mengembalikan sebagian mereka ke Bahrain dari di pengasingan, pembentukan Komite Hak Asasi Manusia, dan pemberian suara untuk perempuan dan melembagakan pemilu. 

Raja Hamad menciptakan Piagam Aksi Nasional pada tahun 2001 untuk membawa aturan konstitusional ke Bahrain. Bertujuan untuk mengakhiri kerusuhan yang meletus secara sporadis sepanjang 1990-an, Piagam menerima dukungan penuh dalam referendum nasional. Namun Konstitusi yang diumumkan raja pada tahun 2002 tidak dianggap telah menerapkan semua janji yang dibuat dalam Piagam. 

Oleh: Siwi P. Rahayu

PENDIDIKAN

1.Applegarth College in Godalming, Surrey

2.The Leys School in Cambridge

3.British Army at Mons Officer Cadet School at Aldershot in Hampshire

4.United States Army Command and General Staff College at Fort Leavenworth in Kansas

5.National Diploma in Military Administration from the Industrial College for the Military Forces in Washington

PENGHARGAAN

1.Grand Cordon of the Order of the Star of Jordan (1 February 1967)

2.Order of the Two Rivers, 1st class (Iraq, 22 February 1969)

3.Order of Muhammad (Morocco, 16 October 1970)

4.Grand Cordon of the Order of the Renaissance (Jordan, 1 September 1972)

5.Collar of the Order of the Republic of Egypt (24 January 1973)

6.Collar of the Order of the Crown (Iran, 28 April 1973)

7.Collar of Abdulaziz al Saud (Saudi Arabia, 4 April 1976)

8.Star of the Republic of Indonesia, 1st class (8 October 1977)

9.Order of the Republic of Mauritania, 1st class (4 April 1978)

10.Honorary Knight Commander of the Order of St Michael and St George (UK, 15 February 1979)

11.Grand Conqueror of Libya, 1st class (1 September 1979)

12.Honorary Fellow of the Royal College of Surgeons of Ireland (2006)

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya