Haier

Foto:

Haier


Nama Lengkap : Haier

Alias : No Alias

Profesi : Perusahaan

Warga Negara : Qingdao, Republik Rakyat Cina


No Relation
BIOGRAFI

Haier adalah sebuah perusahaan peralatan rumah multinasional bermarkas di Qingdao, Shandong, Republik Rakyat Cina. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1984. Selama 27 tahun Haier telah menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi ke konsumen dan telah menjadi merek no.1 untuk perlengkapan utama rumah tangga di dunia, dengan 78% jumlah saham retail di tahun 2011. 

Asal-usul Haier sebenarnya jauh dari tanggal di mana perusahaan ini didirikan. Pada tahun 1920, sebuah pabrik kulkas dibangun di Qingdao untuk memasok pasar Cina. Setelah tahun 1949, denga berdirinya Republik Rakyat Cina, pabrik ini kemudian diambil alih dan berubah menjadi perusahaan milik negara.

Pada tahun 1980, pabrik memiliki utang lebih dari CNY ¥ 1.400.000 dan menderita karena bobroknya infrastruktur, manajemen yang buruk, dan kurangnya kontrol kualitas, yang dihasilkan dari sistem ekonomi terencana dan kebijakan yang relevan. Produksi memelan sehingga produksi  jarang melebihi 80 lemari es sebulan, dan pabrik sangat dekat dengan kebangkrutan. Pemerintah Qingdao menyewa seorang asisten muda, Zhang Ruimin, untuk memimpin sejumlah kota yang dimiliki perusahaan. Zhang ditunjuk sebagai direktur pabrik pada tahun 1984. Zhang memutuskan untuk meningkatkan kontrol kualitas pabrik. 

Qingdao Kulkas Co pada tahun 1984 telah memberikan kehidupan pada nyawa perusahaan ini. Pada saat itu Cina membuka pasar dunia sehingga perusahaan-perusahaan asing mulai mencari kemitraan di Cina. Salah satunya, Liebherr Grup yang menandatangani kontrak joint-venture dengan Qingdao Kulkas Co dan menawarkan teknologi dan peralatan untuk mitra Cina-nya. Instalasi peralatan dan teknologi Liebherr disertai dengan proses manajemen mutu baru. Pada 1986, Qingdao Kulkas telah kembali ke profitabilitas dan pertumbuhan penjualan rata-rata 83 persen per tahun. Dengan penjualan hanya CNY ¥ 3,5 juta pada tahun 1984, penjualan meroket ke CNY ¥ 40500000000 pada tahun 2000 atau bisa disebut dengan kenaikan 11.500 persen. 

Pada tahun 1988, perusahaan memegang kendali dari Qingdao Electroplating Company dan pada tahun 1991 mengambil alih Qingdao Air Conditioner Plant dan Qingdao Freezer.

Kehadiran global perusahaan memungkinkannya untuk melakukan produksi secara lokal dan menciptakan produk berkualitas tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Dengan delapan pusat Penelitian dan Pengembangan di seluruh dunia, Haier dipersiapkan untuk selalu berada di puncak dan memenuhi tujuan kami untuk menyediakan berbagai macam produk yang tahan lama.

Pada tahun 2012, Haier mengambil inisiatif untuk berkolaborasi dengan Sanyo, oleh karena itu PT Sanyo Sales Indonesia telah menjadi bagian dari Haier Group, sebuah merek global terkemuka, perusahaan elektronik raksasa dan dikenal sebagai merek no.1 di dunia.

Di akhir tahun 1960, Haier didukung oleh PT Sanyo Sales Indonesia yang telah sukses memasarkan produk Pompa Air. Berdiri dengan nama PT Sanjaya Sakti di bulan Januari 1977 dengan status investasi domestik (PMDN=Penanaman Modal Dalam Negeri). Pada saat itu, PT Sanyo Sales Indonesia telah menangani berbagai macam produk di antaranya Televisi, Lemari Es dan Mesin Cuci. Beberapa produk telah mendominasi pasar produk peralatan rumah tangga seperti Televisi dengan Merpati Series dan Lemari Es dengan Emerald Series. Dalam perjalanannya, PT Sanjaya Sakti merubah nama dan statusnya menjadi PT Sanyo Sales Indonesia dengan status Investasi Asing (PMA= Penanaman Modal Asing) pada bulan April 2005.

Di Indonesia, Haier memiliki 450 karyawan, 12 cabang dan 5 sole agent, jaringan service center sebanyak  17 kantor dan jumlah authorized service lebih dari 20 kantor. Jaringan distribusi Sanyo didukung oleh lebih dari 1000 outlet penjualan. Sejak kolaborasi Haier dan Sanyo, jaringan distribusi tradisional dan modern outlet berkembang dan meluas. Seluruh distribusi dan layanan jaringan telah menyebar secara nasional.

Riset dan Analisa oleh Kustin Ayuwuragil D.

Last Update: 15:00  16/11/2013

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya