Yuk tanam, ini tanaman cantik yang bisa 'bersihkan' udara indoor

Selasa, 30 Agustus 2016 10:31 Reporter : Indra Cahya
Yuk tanam, ini tanaman cantik yang bisa 'bersihkan' udara indoor Tanaman dalam ruangan. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Tanaman sudah sejak lama jadi pemanis rumah maupun kantor. Semerbak wangi dari bunga tertentu pun jadi alasan berbagai macam tanaman dikoleksi. Namun tanaman juga punya kegunaan lain: membersihkan udara yang kita hirup.

Yap, penelitian telah membuktikan bahwa beberapa tanaman sederhana yang ditanam di pot, bisa menyerap senyawa kimia yang berbahaya di udara. Hal ini akan meninggalkan udara bersih yang kini cukup jarang kita temui.

Jangan remehkan, polusi udara di dalam ruangan juga merupakan hal yang berbahaya. Berbagai komponen organik berbahaya, bisa dilepaskan dari berbagai hal yang ada di dalam rumah kita. Mulai dari cat dinding, printer, bahan pembersih ruangan, dan bahkan pakaian yang sehabis dry cleaning.

Dilansir dari Daily Mail, The Royal College of Physicians menarik kesimpulan bahwa polusi udara dalam ruangan berkontribusi pada lebih dari 99.000 kematian di Eropa, setiap tahunnya. Selain itu, para penderita 'sick building syndrome' atau penderita masalah kesehatan di sebuah bangunan atau tempat tinggal, biasanya berakar dari polusi udara dalam ruangan. Hal tersebut memang bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti pusing, alergi kulit, serta kelelahan.

Berikut adalah 3 tanaman yang tak cuma cantik, namun juga punya kemampuan untuk membersihkan udara dari berbagai polusi udara di dalam ruangan.

Scarlet star

Scarlet Star ©2016 Merdeka.com

Salah satu tanaman yang merupakan 'penyegar udara alami,' adalah Guzmania lingulata, atau scarlet star. Tanaman ini merupakan tipe bromeliad tropis yang bisa tumbuh selama berbulan-bulan di dalam ruangan.

Bunga Sri Gading

Sri Gading ©2016 Merdeka.com

Tanaman corn plant atau Dracaena fragran yang lebih dikenal dengan bunga Sri Gading, juga merupakan tanaman rumahan yang baik. Daun Sri Gading yang panjang dan punya aneka ragam ukuran, mampu menghilangkan kandungan senyawa acetone di udara. Bahan kimia inilah yang jadi bahan baku utama penghilang cat kuku.

Lili paris

Lili Paris ©2016 Merdeka.com

Tanaman yang berjenis semak ini sudah cukup familiar untuk dijadikan tanaman pot dalam ruangan di kantor maupun di rumah. Tak cuma mudah dirawat, tanaman ini juga terbukti menghilangkan banyak racun-racun kimiawi yang ada di udara rumah. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Hobi Unik
  2. Penelitian Kesehatan
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini