Yuk, belajar masak lewat resep-resep menggiurkan di 7 manga kuliner ini!

Minggu, 26 November 2017 00:06 Reporter : Tantri Setyorini
Yuk, belajar masak lewat resep-resep menggiurkan di 7 manga kuliner ini! Anime Food Wars. © BentoByte

Merdeka.com - Cooking manga atau manga bertema kuliner termasuk salah satu genre yang paling populer di antara para penikmat buku. Tak hanya untuk perempuan, belakangan semakin banyak manga untuk pria yang lebih dominan aksinya.

Selain memanjakan mata dengan gambar dan deskripsi makanan enak, beberapa manga bertema kuliner juga menyertakan resep yang bisa dipraktikkan para pembaca. Kebanyakan adalah resep-resep mudah untuk pemula. Namun ada juga resep yang lumayan rumit disertai tips-tips.

Buat kamu yang ingin belajar memasak lewat manga, berikut ini kami tampilkan manga bertema kuliner yang disertai resep. Semuanya beredar di Indonesia, kok.

2 dari 8 halaman

Delicious!

yuk, belajar masak lewat resep-resep menggiurkan di 7 manga kuliner ini!Manga Delicious. ©2017 Merdeka.com

Komik karya Yui Ayumi dan Miyuki Kobayashi ini diterjemahkan dan diedarkan oleh Elex Media Komputindo. Bercerita tentang Ringo Nonohara, seorang gadis remaja yang tak becus di dapur tetapi justru terpilih menjadi pembawa acara memasak di televisi. Meskipun awalnya selalu gagal di dapur, perlahan-lahan Ringo mulai belajar teknik memasak yang benar lewat teman masa kecilnya yang ganteng tetapi diam-diam jago memasak, yaitu Kazuomi Tsutsui.

Setiap volume Delicious! disertai dengan resep masakan yang hadir di setiap bab. Umumnya adalah masakan yang mudah dibuat seperti omurice (omelette rice), cupcake, rolled sandwich, pai labu, sup kentang Prancis, dan scone apel.

3 dari 8 halaman

Yakitate!! Japan

yuk, belajar masak lewat resep-resep menggiurkan di 7 manga kuliner ini!Manga Yakitate!! Japan. © Elex Online Tumblr

Manga kuliner buat para cowok ini menyuguhkan cerita yang benar-benar kocak, meskipun banyak lebay-nya. Kisahnya tentang Kazuma Azuma, pemuda culun yang ternyata jenius dalam memasak roti. Berbekal tangan matahari yang dimiliki dan kawan-kawannya sesama juru masak di bakery Pantasia, Azuma memperkenalkan aneka jenis roti Japan buatannya ke seluruh dunia.

Tak semua jenis Japan yang dimasak Azuma disertakan resepnya. Namun Takashi Hasiguchi menyelipkan beberapa resep Japan yang mudah dibuat. Antara lain roti pemula yang dimasak di microwave dan rice cooker.

4 dari 8 halaman

Hopper and Yummy's Kitchen

yummys kitchenManga Hopper and Yummys Kitchen. ©2017 Merdeka.com

Manga berjudul asli Hoppeni Chubo! karya Eiko Oouchi dan Suzuka Natsukawa ini pertama kali diterbitkan oleh Kodansha pada tahun 2003. Ceritanya cocok untuk remaja putri usia SMP dan SMA, tentang Yummy yang mencoba merebut hati pujaannya Tsuyoshi, si ganteng yang hobi makan. Yummy dibantu oleh Hopper, peri masak bersosok kelinci untuk membuat masakan-masakan enak.

Setiap masakan yang dibuat oleh Yummy dan Hopper disertakan resepnya oleh sang mangaka. Jadi kamu pun bisa mempraktikkannya di rumah.

5 dari 8 halaman

Kitchen Princess

yuk, belajar masak lewat resep-resep menggiurkan di 7 manga kuliner ini!Manga Kitchen Princess. ©2017 Merdeka.com

Setelah bekerjasama dengan Yui Ayumi untuk 'melahirkan' Delicious!, Miyuki Kobayashi berkolaborasi dengan Natsumi Ando untuk membuat manga kuliner lainnya, yaitu Kitchen Princess. Kali ini menceritakan Najika, seorang gadis yatim piatu yang meninggalkan panti asuhan tempatnya tinggal untuk belajar membuat makanan penutup terenak. Najika juga bertekad untuk menemukan pemuda misterius yang pernah menghiburnya dengan puding lezat dan meninggalkan sebuah sendok perak.

Dalam manga Kitchen Princess, resep-resep yang disertakan adalah makanan penutup serba manis dari berbagai negara. Misalnya saja puding flan, taramasalata dari Yunani, macaron, mont blanc, gelato, dan carrot cake. Tetapi ada juga makanan penutup yang tak manis seperti cake dari nasi dan salmon serta chicken doria.

6 dari 8 halaman

Addicted to Curry

curryManga Addicted to Curry. ©2017 Merdeka.com

Manga kuliner untuk pria dewasa yang akan mengajak pembaca mengikuti perjuangan Makito Koenji dalam mempertahankan kedai kari Ganesha yang dikelola oleh Yui Sonezaki, seorang siswi SMA.

Makito merupakan ahli memasak kari yang sudah mempelajari berbagai resep kari dari seluruh dunia. Mulai dari kari Jepang, Thailand, India, hingga Melayu. Karena menggunakan banyak bahan, resep-resep kari yang ditampilkan di akhir cerita juga lebih cocok dipraktikkan oleh pemasak level medium.

Di Jepang, manga ini sebenarnya sudah diterbitkan hingga belasan volume. Namun di Indonesia sendiri hanya terbit beberapa volume saja.

7 dari 8 halaman

Hanamaru's Kitchen

yuk, belajar masak lewat resep-resep menggiurkan di 7 manga kuliner ini!Manga Hanamarus Kitchen. ©2017 Merdeka.com

Manga yang diterbitkan oleh M&C ini hanya terdiri dari satu volume. Namun menampilkan banyak resep dengan halaman berwarna, mulai dari sushi, carrot potage, roll cake, spaghetti dingin, puding mangga, selai, hingga french toast.

Ceritanya sendiri berpusat pada Hana, seorang siswi SMA yang memiliki indera pengecap sangat peka, namun tak becus memasak. Dia dipilih menjadi pasangan Kazuya untuk mengikuti lomba memasak tingkat nasional. Kisah ini juga diwarnai cinta segitiga antara para tokohnya.

8 dari 8 halaman

Food Wars

yuk, belajar masak lewat resep-resep menggiurkan di 7 manga kuliner ini!Manga Food Wars. ©2017 Merdeka.com

Satu lagi manga kuliner untuk remaja pria yang layak diikuti. Shokugeki no Soma yang juga dikenal dengan judul Food Wars. Sesuai judulnya, sebagian besar cerita manga ini adalah konflik di antara para tokoh yang diselesaikan dengan pertarungan memasak. Tokoh utamanya adalah Soma Yukihira yang gemar bereksperimen dalam memasak dan membuat tokoh-tokoh lain keki dengan teknik memasak Yukihira Style yang dia warisi dari ayahnya.

Resep-resep yang diperkenalkan oleh Soma Yukihira adalah masakan Jepang dan barat. Misalnya hamburger dari mackerel kalengan, beef stew, risotto apel, ramen, dan nasi kepal.

Itulah beberapa manga kuliner disertai resep yang bisa jadi panduanmu untuk belajar memasak. Sebenarnya masih banyak manga sejenis yang tak kalah menarik. Hanya saja tak semua diterbitkan di Indonesia. [tsr]

Baca juga:
Mengintip kemegahan The Eye of Binhai, perpustakaan terindah milik China
Tawarkan 1,2 juta buku & arsitektur futuristik, China resmikan perpustakaan terkeren
Seperti di Brasil, Najwa usul napi gemar baca buku dikurangi hukuman
Penulis Kazuo Ishiguro menangkan Nobel literatur 2017

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini