Wonderfood Ramadan Batam, Bikin Ingin Pulang Kampung

Minggu, 12 Mei 2019 10:11 Reporter : Haris Kurniawan
Wonderfood Ramadan Batam, Bikin Ingin Pulang Kampung Wonderfood Batam. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Wonderfood Ramadan Batam 1440 H akan membawa pengunjung bernostalgia dengan beragam kuliner tradisional Batam. Event ini juga menampilkan ragam seni dan budaya khas Melayu. Suasananya akan membuat kita ingin pulang kampung.

Wonderfood Ramadan Batam digelar di Dataran Madani, Jalan Raja Haji Fisabilillah, Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Opening ceremony sudah dilakukan Sabtu (11/5) pukul 15.30 WIB. Tema yang diangkat adalah Jom Balek Kampong. Pembukaannya ditandai dengan Tari Persembahan dari Sanggar Wan Sendari, Batam.

"Berada di Wonderfood, pengunjung seolah kembali lagi ke kampung halamannya. Sebab, ada banyak kuliner khas Melayu yang ditampilkan. Kami ingin memberikan experience terbaik kepada mereka. Tapi, kami tetap sertakan kuliner kekinian. Yang jelas event ini untuk menarik kunjungan wisatawan," ungkap Kadisbudpar Kota Batam Ardiwinata, Sabtu (11/5).

Wonderfood Ramadan Batam menampilkan 60 tenant. 70% diantaranya diisi produk makanan dan minuman. Berupa takjil atau makanan pembuka puasa, makanan berat, minuman, hingga kue khas nusantara untuk menyambut Lebaran. Untuk slot sisa diisi fashion, aksesoris, kosmetik, dan umum.

"Wonderfood Ramadan Batam sangat menarik. Destinasi tersebut sangat tepat untuk ngabuburit. Ada banyak kuliner yang ditawarkan. Lebih khusus lagi, pengunjung bisa berbelanja kebutuhan Lebaran di Wonderfood. Beragam keperluan merayakan Hari Kemenangan tersedia di sini. Kualitasnya bagus, lalu harganya ramah," terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Event ini dilengkapi meja dan kursi. Ada juga fasilitas Mushola dan utilitas lainnya. Wonderfood Ramadan Batam bahkan membuka lebar partisipasi publik. Beragam aktivitas Ramadan seperti buka puasa bersama bisa dilakukan di sini. Nantinya para peserta buka puasa bersama akan diberikan kupon khusus untuk mengakses tenant.

"Event ini sangat ramah. Setiap harinya, masyarakat bisa memindahkan aktivitasnya di Wonderfood. Suasananya pasti lebih meriah. Pilihan menunya jelas sangat banyak. Warna tradisional hingga modern tersedia lengkap. Cita rasanya jelas nikmat. Silakan bergabung dengan Wonderfood, lalu nikmati aneka kemeriahannya," jelas Rizki lagi.

Jaminan kualitas memang diberikan oleh Wonderfood Ramadan Batam. Sebab, tenant yang terlibat adalah member Usaha Mikro Kecil Menengah (UNKM) Kota Batam. Mereka juga diperkuat Dinas Usaha Mikro Kecil hingga Dinas Perindustrian dan Perdagangan Batam.

Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati mengatakan, event didukung dengan kemasan menarik.

"Wonderfood Ramadan Batam sangat potensial sebagai penggerak ekonomi. Sebab, ada potensi bisnis yang besar di situ. Momentumnya ideal karena Ramadan. Kehadiran event ini makin menguatkan Batam sebagai destinasi terbaik. Silahkan datang ke Wonderfood, apalagi event ini didukung konten yang luar biasa," kata Dessy.

Menyemarakan suasana, beragam perlombaan digelar dengan nuansa Islami. Ada Lomba Dai Remaja dengan usia 15-18 tahun. Digelar juga Lomba Peragaan Busana Muslim untuk anak usia 7-12 tahun. Lalu, warna Islami ditegaskan dengan Lomba Qasidah. Slot ini berlaku untuk ibu-ibu. Alternatif lainnya, yaitu Lomba Lagu Religi yang terbuka bagi umum.

"Treatment menarik diberikan oleh Wonderfood. Dengan konsep yang ditawarkan, event tersebut akan ramai oleh pengunjung. Wonderfood semakin memperkaya destinasi di Batam. Wisatawan memiliki banyak pilihan. Event ini ideal sebagai penarik arus wisatawan," papar Kabid Pengembangan Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Trindiana M Tikupasang.

Batam memang pintu besar bagi wisman. Destinasi ini adalah favorit wisatawan Singapura dan Malaysia. Sepanjang 2018, pergerakan wisatawan Singapura mencapai 1,03 Juta orang. Slot ini memiliki persentase sekitar 57,2% dari total kunjungan wisatawan Negeri Singa ke Indonesia. Untuk wisatawan Malaysia sekitar 229.140 orang.

"Silahkan menikmati keramahan Wonderfood Ramadan Batam. Event tersebut banyak menawarkan experience khas Ramadan. Kami optimistis, kehadiran event ini berpengaruh positif terhadap ekonomi masyarakat Batam. Dengan momentum dan potensinya, Wonderfood memberikan jaminan inkam yang bagus," tutup Menteri Pariwisata Arief Yahya. [hrs]

Topik berita Terkait:
  1. Berita Kemenpar
  2. Ramadan 2019
  3. Batam
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini