White Noise yang Ternyata Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur, Apa Saja?

Jumat, 24 September 2021 16:39 Reporter : Wuri
White Noise yang Ternyata Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur, Apa Saja? White Noise yang Ternyata Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur, Apa Saja?. ©Shutterstock

Merdeka.com - Pernah nggak sih merasa susah banget tidur padahal kamar sudah senyap yang sepertinya terlihat kondusif untuk segera memejamkan mata? Namun, kenyataannya nggak selamanya kondisi yang sepi bisa membantu kamu untuk cepat terlelap. Jika kondisi ini yang dialami, mungkin tandanya kamu butuh white noise nih. Apa itu?

Tidak Semua Jenis Suara Mengganggu Tidur

white noise yang ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur apa saja
©Shutterstock

Saat tubuh tertidur, otak sebenarnya masih terus bekerja mengolah informasi terutama dalam bentuk suara. Beberapa jenis suara mungkin bisa membuat kamu bergerak, berpindah tahapan tidur, hingga mengalami perubahan tekanan darah dan detak jantung hingga terbangun. Namun, nggak semua prosesnya ternyata bisa diingat keesokan harinya.

Meskipun begitu, ternyata nggak semua jenis suara bisa menjadi pengganggu saat tidur. Nah, inilah yang dimaksud dengan white noise, yaitu suara yang membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Mengapa White Noise Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak?

white noise yang ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur apa saja
©Shutterstock

White noise muncul dengan menggabungkan beberapa frekuensi suara secara bersamaan. Penggabungan inilah yang kemudian menciptakan suara latar belakang dengan pola tenang, stabil, dan teratur. Background sound inilah yang kemudian meredam suara lain yang dianggap mengganggu, misalnya saja suara kendaraan di luar rumah, pintu yang ditutup, dan sebagainya.

Kehadiran white noise sendiri banyak digunakan secara sengaja oleh mereka yang susah tidur di malam hari. Biarpun suara, tapi efeknya bisa membuat tidur lebih nyenyak lho.

Bagaimana Memilih White Noise yang Tepat?

Nggak asal mendengarkan suara, ada beberapa kriteria white noise yang bisa bikin tidur lebih nyenyak. Yang paling penting adalah memilih white noise sesuai dengan selera. Beberapa orang mungkin suka dengan suara kipas angin atau deru AC, sebagian yang lain mungkin lebih memilih musik instumental yang menemani tidur mereka.

Jika memilih untuk mendengarkan musik, pastikan atur volume agar tidak mengganggu orang lain atau malah membuatmu cenderung terjaga. Hindari juga menggunakan headset karena bisa memperparah kondisi insomnia yang dialami.

White Noise yang Berasal dari Suara Alam

white noise yang ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur apa saja
©Shutterstock

Beberapa white noise bahkan ada yang berasal dari suara alam, lho. Misalnya saja suara gerimis atau hujan yang turun cenderung membuat pikiran tenang. Hal ini juga bisa membantu tidur di malam hari lebih nyenyak. Suara alam lain yang bisa jadi white noise misalnya suara deburan ombak saat berada di penginapan pinggir pantai, suara jangkrik, atau mungkin dengkuran kucing kesayangan yang ada di rumah.

Pentingnya Menjaga Kualitas Tidur

Durasi tidur yang panjang memang belum tentu menandakan waktu tidur yang berkualitas. Selama tidur, tubuh terus bekerja melakukan regenerasi otot, organ, dan sel lain. Selain itu, sistem imun pun bekerja mengeluarkan protein bernama sitokin yang membantu tubuh melawan infeksi, peradangan, dan trauma lainnya.

Jadi, penting untuk menjaga kualitas tidur di malam hari dengan baik demi tubuh yang lebih fit. Kalau kamu sendiri lebih suka white noise mana yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidurmu? [wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Gaya Hidup
  3. Tips Tidur Nyenyak
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini