Warna-warni Piala Eropa 2012 dalam karikatur

Senin, 18 Juni 2012 08:03 Reporter : Kun Sila Ananda
Warna-warni Piala Eropa 2012 dalam karikatur Juara kompetisi karikatur Euro 2012. merdeka.com/muzeumkarykatury.p

Merdeka.com - Perhelatan sepak bola seantero Eropa telah digelar. Namun, rupanya pertandingan tak hanya terjadi di atas rumput lapangan hijau, melainkan juga di atas kanvas.

Untuk merayakan Piala Eropa 2012, Ibukota Polandia mengadakan serangkaian kegiatan budaya. Salah satunya adalah melalui pameran di Museum of Caricature and Cartoon ini menampilkan berbagai sudut pandang artistik yang menarik mengenai dunia sepak bola.

Pameran sekaligus kompetisi yang bertajuk "The Ball is in Play" ini disambut oleh antusiasme yang sangat besar dari para seniman dari berbagai negara.

Terbukti dari jumlah karya peserta yang mencapai 1200 karya seni dari 50 negara termasuk Filipina, Iran, Costa Rica, Indonesia, dan negara-negara yang bertanding dalam Piala Eropa 2012.

Menjelaskan antusiasme yang besar ini, direktur museum Zygmunt Zaradkiewicz mengatakan bahwa olahraga telah menjadi bagian penting dalam kehidupan dan merupakan sarana untuk menyampaikan ide.

"Sepak bola adalah salah satu olahraga paling populer. Pertandingan bisa memprovokasi emosi yang sangat kuat pada fans. Mereka bisa mengalami suka cita kemenangan atau pahitnya kekalahan," jelas Zaradkiewicz.

Zaradkiewicz juga menyatakan kekagumannya terhadap semua karya seni yang masuk. Menurutnya karya seni ini bisa menampilkan semua wajah sepakbola dengan cara yang artistik.

"Banyak hal yang berkaitan dengan olahraga, seperti kompetisi yang terhormat, pengejaran terhadap kesempurnaan, mengatasi kelemahan, mendobrak batas," kata Zaradkiewicz, seperti dilansir oleh The Warsaw Voice. "Mereka menyaksikan kemenangan dan kekalahan. Mengekspos aspek yang mulia dan brutal dari setiap orang. Mulai dari kegembiraan dari kemenangan hingga pahitnya terkalahkan. Tawa dan tangis ditampilkan dalam dua cermin yang terlihat satir. Kartun yang kami tampilkan mampu menangkap semua sisi ini, serta melihat sepak bola dengan gairah dan kecintaan dari mata penggemar."

Selain itu, menurut Zaradkiewicz pameran seni ini juga mampu melihat sepak bola sebagai bagian dari kehidupan. Baginya, tak ada yang lebih mampu untuk menangkap sisi kemanusiaan dari sepak bola selain para seniman dan kartunis.

Tak hanya dari pihak museum, pameran karya seni ini juga menarik minat masyarakat, terutama wisatawan yang khusus datang untuk menyaksikan Piala Eropa 2012 di negara tersebut.

Beberapa komentar dari pengunjung yang ditulis di buku tamu menunjukkan bahwa karya seni yang dipamerkan mampu menggugah mereka.

"Indah, akurat, dan lucu," tulis salah seorang pengunjung.

"Aku tidak begitu suka dengan kartun, namun ini semua sangat sempurna," tambah pengunjung lain.

"Sangat menyenangkan melihat sepak bola dari berbagai sisi," kata pengunjung lainnya.

Lalu, siapa yang memenangkan kompetisi karya seni bertemakan sepak bola ini? Setelah dua penilaian awal, sebuah panel internasional memilih lima pemenang dan membagikan tiga penghargaan khusus.

Ingin lihat hasil karya para jawara kompetisi karikatur ini? Cek di sini! [kun]

Topik berita Terkait:
  1. Euro 2012
  2. Piala Eropa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini