Valentine si Jomblo I

Valentine si Jomblo: Mengenal Black Day, Perayaan Valentine-nya Kaum Single di Korea

Selasa, 11 Februari 2020 13:06 Reporter : Tantri Setyorini
Valentine si Jomblo: Mengenal Black Day, Perayaan Valentine-nya Kaum Single di Korea Ilustrasi menyantap jjajangmyeon. ©My Korean Kitchen

Merdeka.com - Katanya Valentine's Day adalah hari paling manis bagi para pasangan, sekaligus hari paling ngenes bagi mereka yang masih sendiri. Mau di Indonesia, Jepang, Korea, atau Amerika Serikat tampaknya tak banyak perbedaan.

Namun warga Korea Selatan punya cara tersendiri buat menghibur hati para jomblo yang gigit jari saat Valentine. Mereka punya Black Day alias Hari Hitam.

1 dari 4 halaman

Black Day, Valentine-nya Kaum Jomblo

Pixabay/xusenru

Black Day bisa dikatakan hari raya kaum jomblo di Korea Selatan, dirayakan tepat dua bulan setelah Valentine's Day dan sebulan setelah White Day. Setiap tanggal 14 April, mereka yang tak punya pasangan dan tak mendapatkan hadiah saat Valentine dan White Day akan merayakan ketidakberuntungan mereka dalam asmara dengan pesta dan makan-makan.

Mereka yang berstatus jomblo bakal memakai baju serba hitam, berkumpul di kedai atau restoran, lalu menyantap makanan yang berwarna hitam pekat pula. Makanan yang disantap biasanya jjajangmyeon (mi pasta kedelai hitam) yang bercitarasa agak pahit. Sambil makan dan minum-minum, mereka bebas mengeluhkan kehidupan asmara yang payah sampai hari berganti.

2 dari 4 halaman

Mengeluhkan Kefakiran Cinta Ditemani Jjajangmyeon

Maangchi

"Saya mengalami hari yang buruk saat Valentine, lebih sedih lagi saat White Day dan sekarang malah menangisi semangkuk mie hitam," tutur seorang wanita dengan nama keluarga Na saat diwawancari Reuters pada tahun 2008. "Saya harap tahun depan akan berbeda.

Kenapa harus makan jjajangmyeon saat Black Day? Sebenarnya tidak ada alasan filosofis di balik pemilihan jjajangmyeon sebagai hidangan wajib saat Black Day.

Jjajangmyeon dianggap sebagai comfort food bagi sebagian besar warga Korea. Tak beda jauh dengan Indomie bagi orang Indonesia. Kalau sedang capek, stres, kepingin memanjakan diri, bagi mereka panganan paling pas, ya jjajangmyeon. Apalagi saat meratapi kehidupan asmara yang miris. Tentunya lebih syahdu sambil ditemani semangkuk mie yang nikmat.

3 dari 4 halaman

Tak Jarang Berubah Jadi Kontes Makan

Menurut Smithsonian Magazine, kadang Black Day juga bisa menjadi ajang kontes jjajangmyeon. Tak sedikit kedai atau restoran yang mengadakan lomba makan mie pasta kedelai hitam paling banyak. Tak cuma jjajangmyeon yang laris manis saat Black Day. Penjualan kopi hitam yang pahit tanpa tambahan krim atau gula itu juga dilaporkan meningkat tajam.

4 dari 4 halaman

13 Hari Kasih Sayang, 13 Hari Suram Bagi si Jomblo

2015 Merdeka.com/www.zedge.net

Valentine mungkin menjadi hari paling menyebalkan buat para jomblo di Korea Selatan. White Day di mana kaum pria membalas cokelat yang mereka terima di hari Valentine juga sama bikin ngenesnya. Tapi tak cukup sampai di situ momen suram bagi kaum single di Korea Selatan.

Korea punya 13 hari kasih sayang. Selain Valentine dan White Day, ada juga Kiss Day dan Green Day. Kiss Day dirayakan setiap tanggal 14 Juni. Sementara Green Day dirayakan pada tanggal 14 Agustus. Pada hari ini, para pasangan negeri ginseng bakal kompakan memakai baju hijau, piknik di hutan atau taman, lalu bersulang soju (minuman beralkohol tradisional Korea) dari botol kaca yang juga berwarna hijau.

Tampaknya menjadi seorang jomblo di Korea Selatan memang sengenes yang digambarkan K-drama, ya? [tsr]

Baca juga:
Penelitian: Pria Menikah Lebih Butuh Dukungan Emosional Pasangan daripada Wanita
Penelitian: Ini Alasan Jatuh Cinta Bikin Jarum Timbangan Geser ke Kanan
Kata Psikolog, Ini Perbedaan Pria dan Wanita Saat Mengenang Mantan
Penelitian: Ini Alasan Orang Sering Jatuh Cinta kepada Orang yang Mirip Mantannya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini