Trik Laris Manis Jualan Online di Marketplace yang Wajib Diketahui Pemula

Sabtu, 21 Mei 2022 10:00 Reporter : Wuri
Trik Laris Manis Jualan Online di Marketplace yang Wajib Diketahui Pemula Trik Laris Manis Jualan Online di Marketplace yang Wajib Diketahui Pemula. ©Shutterstock

Merdeka.com - Seiring dengan meningkatnya tren digital, peluang menambah penghasilan juga bisa dilakukan dengan berjualan online. Terlebih dengan banyaknya marketplace yang bermunculan dan memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk memasarkan produknya.

Tapi, seperti apa sih trik yang bisa dilakukan agar jualanmu di marketplace laris manis? Ini yang wajib diperhatikan pemula agar bisnismu #NaikKeLaz.

Temukan Tren Produk yang Sesuai Segmentasi dan Targetmu

trik laris manis jualan online di marketplace yang wajib diketahui pemula
©Shutterstock

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memulai jualan di marketplace adalah menentukan segmentasi produk dan target market terlebih dahulu. Misalnya, jika ingin menjual fashion khusus remaja perempuan, gali informasi lebih dalam apa yang jadi tren di rentang usia tersebut.

Misalnya saja melihat geliat tren Korea yang semakin booming, produk fashion dan aksesori Korea bisa jadi pilihan. Banyak tren fashion terbaru yang berkiblat dari drama Korea atau idol K-Pop favorit bisa jadi referensi produk jualan yang laris manis diserbu penggemar.

Pertahankan Kualitas dengan Harga Bersaing

trik laris manis jualan online di marketplace yang wajib diketahui pemula
©Shutterstock

Demi menggaet lebih banyak pembeli, pastikan produk yang kamu jual berkualitas tapi dengan harga yang bersaing. Jangan sampai foto produknya terlihat bagus, tapi ternyata saat barang datang ke tangan konsumen hasilnya zonk karena kualitas yang nggak sebanding.

Jadi, sangat penting memilih supplier yang terpercaya dan mengambil barang yang berkualitas untuk mempertahankan rating toko online kamu. Jangan lupa lakukan survey kecil-kecilan saat akan menetapkan harga. Jika terlalu mahal dibandingkan kompetitor, bisa-bisa toko online kamu akan kalah saing.

Gunakan Foto Produk dan Deskripsi yang Ciamik

trik laris manis jualan online di marketplace yang wajib diketahui pemula
©Shutterstock

Salah satu hal yang mendorong pembeli untuk klik produk jualanmu di marketplace adalah foto produk yang estetik. Jadi, nggak ada salahnya belajar membuat foto produk ala studio profesional. Nggak perlu kamera mahal, berbekal smartphone saja sudah bisa kok selama kamu paham tekniknya.

Selain itu, berikan juga deskripsi produk yang ciamik untuk semakin menarik minat pembeli untuk checkout barang tersebut. Deskripsi ini nggak hanya berisi keterangan produk yang lebih lengkap. Tapi, sisipkan juga keunggulan produk hingga pesan persuasi yang dapat membantu mendorong untuk membeli produk tersebut.

Jangan Ragu Menebar Promo yang Menarik Pembeli

trik laris manis jualan online di marketplace yang wajib diketahui pemula
©Shutterstock

Tahu nggak sih apa yang paling menarik perhatian pembeli saat akan melakukan checkout barang? Tentu saja promo yang menarik. Jadi, jangan ragu untuk menebar berbagai promo yang bisa bikin pelanggan nggak ragu untuk melakukan checkout.

Diskon tambahan, flash sale, hingga promo gratis ongkir bisa jadi beberapa contoh yang menarik perhatian pembeli. Semua kegiatan promo tersebut bisa kamu dapatkan dengan berjualan di Lazada. Karena banyak fitur-fitur dari Lazada yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan promo produk. Yang pastinya bisa membuat jualan kamu semakin menguntungkan.

Promosikan Toko Online Kamu di Berbagai Platform Medsos

trik laris manis jualan online di marketplace yang wajib diketahui pemula
©Shutterstock

Supaya toko onlinemu di marketplace semakin dikenal oleh masyarakat, promosi jadi kuncinya. Manfaatkan berbagai platform media sosial yang ada untuk memperkenalkan toko online tersebut. Misalnya saja dengan menebar info promo hingga membuat video kreatif di Instagram ataupun Facebook.

Selain langkah promosi yang sifatnya langsung menyebar promo, kamu juga bisa membuat video kreatif berisi tips yang sesuai dengan produk yang dijual. Misalnya, bagi seller home decor, rutin mengunggah inspirasi dekorasi rumah minimalis bisa dilakukan untuk meningkatkan engagement dengan followers. Dengan begitu, bisa membawa kemajuan juga untuk bisnis toko online kamu.

Berbekal beberapa trik di atas, saatnya mulai mencoba kembangkan sendiri toko online kamu di marketplace, seperti Lazada yang siap bikin bisnismu #NaikKeLaz. Kenapa harus berjualan di Lazada?

Berjualan di Lazada memberikan banyak keuntungan, yaitu proses pendaftaran seller yang mudah dan kamu pun bisa berjualan di mana saja. Selain itu, produk yang dijual juga akan dilihat lebih banyak orang karena Lazada merupakan portal belanja terbesar di Asia Tenggara. Berjualan di Lazada juga tanpa komisi, tanpa penalti, dan tanpa ongkos kirim sehingga keuntungan yang didapat penjual bisa masuk dengan maksimal. Menariknya lagi, ada banyak program promosi sepanjang tahun yang bisa menggaet lebih banyak pelanggan, seperti Festival Ulang Tahun hingga Harbolnas!

Nggak hanya itu saja, dengan berbagai Fitur Unggulan Lazada, seller bisa meningkatkan penjualan. Para seller baru juga bisa mengikuti program inkubasi atau pendampingan selama 90 hari untuk memaksimalkan jualan mereka. Update pengetahuan baru juga bisa didapatkan para seller lewat Lazada University. Inilah portal khusus di mana Lazada menyiapkan tutorial, video, hingga webinar yang bisa meningkatkan penjualan seller.

Proses mendaftarkan diri menjadi seller Lazada juga mudah. Hanya butuh KTP untuk bisa mulai berjualan online. Hanya satu menit sudah bisa mulai berjualan, lho! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, bikin bisnis #NaikKeLaz dengan gabung menjadi seller Lazada sekarang dengan klik di sini.

[wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Lazada
  3. Tips Sukses
  4. Copywriter
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini