Trik berhemat yang kurang tepat saat mengatur biaya pernikahan

Rabu, 31 Mei 2017 16:02 Reporter : Bridestory
Ilustrasi anggaran pernikahan. © The Huffington Post

Merdeka.com - Kebanyakan pasangan calon pengantin merencanakan pernikahan dengan berusaha untuk menyesuaikannya dengan anggaran yang dimiliki, maka tak jarang jika trik penghematan dilakukan di sana-sini untuk memangkas biaya yang harus dikeluarkan. Jika Anda pun demikian, hindari kesalahan berikut yang kerap dibuat saat berusaha memangkas biaya pernikahan.

Terlalu banyak proyek DIY

Anda mungkin tergoda untuk melakukan berbagai proyek DIY seperti membuat dekorasi dan mencetak undangan sendiri hingga proyek prakarya lainnya. Namun jika Anda tidak berbakat atau tidak terbiasa melakukannya Anda justru malah dapat mengeluarkan uang lebih banyak, belum lagi waktu dan tenaga.

Tidak menyewa fotografer profesional

Anda telah berinvestasi pada venue pernikahan idaman, gaun pengantin karya desainer dan hal cantik lainnya, sayang jika Anda tidak mengabadikan momen-momen indah yang menampilkan hal tersebut dalam sebuah album foto pernikahan yang dapat menjadi kenangan seumur hidup.

Tidak mengirim undangan fisik

Tren undangan online atau digital memang membantu menghemat biaya cetak undangan, namun jangan sampai Anda terkesan pelit atau kurang sopan. Tamu Anda sudah meluangkan waktu, biaya dan tenaga untuk menghadiri perhelatan istimewa Anda, hargai mereka dengan mengirimkan undangan fisik, terlebih untuk saudara atau kerabat yang dituakan yang mungkin kurang paham dengan teknologi undangan digital.

Mengorbankan kenyamanan tamu

Jangan sampai Anda mengorbankan kenyamanan tamu dengan tidak menyediakan tempat duduk yang cukup atau toilet portabel untuk melengkapi venue outdoor hanya karena Anda ingin berhemat. Begitu pula dengan menu makanan dan minuman, meski memakan biaya banyak Anda harus menyediakannya dalam porsi dan jumlah yang cukup.

Meminta bantuan keluarga atau teman

Meminta tolong sahabat Anda untuk membuat kue pengantin atau menjahit gaun bridesmaid Anda memang terlihat seperti trik jitu untuk berhemat. Namun ingat, jika teman dan kerabat Anda bukanlah vendor profesional, maka Anda tidak bisa mengharapkan hasil yang sebagus karya vendor profesional. Jangan pula hal ini menyebabkan argumen di antara keluarga. [tsr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.