Trovant, batu yang bisa tumbuh besar

Kamis, 2 Januari 2014 14:11 Reporter : Destriyana
Trovant, batu yang bisa tumbuh besar trovant. ©2014 Merdeka.com/Descopera.ro

Merdeka.com - Trovant adalah salah satu fenomena geologi yang menakjubkan. Batu-batu ini terlihat tumbuh membesar, seolah-olah mereka hidup, meskipun sebetulnya tidak.

Trovant bisa ditemukan di sebuah desa kecil di Rumania, Costesti. Kata trovant sendiri merupakan sinonim untuk istilah Sandsteinkonkretionen dalam bahasa Jerman, yang berarti batuan pasir yang mengeras. Batu-batu ini muncul di bumi setelah terjadi aktivitas seismik yang kuat. Menariknya, trovant memiliki bentuk menyerupai bola pasir. Sebagaimana dilansir odditycentral, fenomena tersebut telah terjadi 6 juta tahun yang lalu.

Trovant akan terus tumbuh ketika mereka terkena air. Trovant berukuran enam sampai delapan milimeter bisa tumbuh sampai enam sampai sepuluh meter. Hebatnya lagi, beberapa dari mereka bahkan bisa bergerak sendiri.

Ada banyak teori ilmiah yang menjelaskan asal dan perilaku aneh dari trovant. Namun hingga kini, para ilmuwan masih bingung dengan fenomena tersebut. Mereka percaya bahwa batu-batu itu mengandung kandungan mineral yang tinggi. Jadi, ketika permukaannya basah, mineral itu mulai menyebar, dan menekan pasir hingga tampak membesar.

destriyana?20140102020840
Photos: Descopera.ro

Saat ini, batu-batu itu tetap menjadi daya tarik wisata yang populer di Rumania. Maka, Muzeul Trovantilator (Trovants Museum National Reserve) pun diresmikan pada tahun 2004 lalu, dan sekarang dilindungi oleh UNESCO.

destriyana?20140102020841
Photos: Descopera.ro

Masih penasaran dengan trovant? Yuk simak video berikut!

[des]

Baca juga:
Arbol de Navidad, air terjun berbentuk pohon Natal
Wow, rumah anti-kiamat ini bernilai Rp 140 miliar!

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Travel
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini