Tips Mencegah Rambut Terlihat Lepek Saat Cuaca Lagi Panas-Panasnya

Kamis, 26 Mei 2022 15:01 Reporter : Wuri
Tips Mencegah Rambut Terlihat Lepek Saat Cuaca Lagi Panas-Panasnya Tips Mencegah Rambut Terlihat Lepek Saat Cuaca Lagi Panas-Panasnya. ©Shutterstock

Merdeka.com - Cuaca panas yang berlangsung selama beberapa minggu terakhir memang menjadi tantangan tersendiri ketika menjalani kesibukan sehari-hari. Nggak hanya harus menjaga tubuh agar nggak lemas saat menjalani aktivitas sehari-hari. Tapi juga wajib menjaga penampilan agar tetap on point.

Selain makeup, rambut juga jadi hal yang perlu diperhatikan demi menjaga penampilan di tengah cuaca panas. Kebayang dong rambut yang lepek pasti bikin gaya sehari-hari jadi kurang oke. Lalu, gimana sih cara mencegah rambut terlihat lepek saat cuaca lagi panas-panasnya?

2 dari 3 halaman

Keramas Rutin Itu Wajib

tips mencegah rambut terlihat lepek saat cuaca lagi panas panasnya
©Shutterstock

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah rambut terlihat lepek saat cuaca sedang panas-panasnya adalah rutin keramas. Kondisi lepek tersebut sebenarnya terjadi karena penumpukan minyak dan keringat di kulit kepala yang cenderung meningkat saat cuaca panas.

Jadi, buat jadwal keramas rutin 3-4 kali seminggu untuk mengangkat dan membersihkan kotoran, minyak, dan keringat dari kulit kepala. Jangan lupa gunakan produk shampoo yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

Gunakan Kondisioner Cukup di Bagian Tengah Rambut Hingga Ujungnya

tips mencegah rambut terlihat lepek saat cuaca lagi panas panasnya
©Shutterstock

Baru saja keramas, tapi rambut kembali terlihat lepek dalam waktu cepat. Apa yang salah ya? Mungkin kebiasaan menggunakan kondisioner yang kurang tepat jadi salah satu penyebabnya.

Cara menggunakan kondisioner yang benar adalah cukup dari bagian tengah rambut hingga ujungnya. Hindari menggunakan kondisioner di kulit kepala. Produk tersebut memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi, sehingga memicu kulit kepala jadi lebih berminyak yang malah membuat rambut lepek.

3 dari 3 halaman

Perhatikan Suhu Air Saat Keramas

tips mencegah rambut terlihat lepek saat cuaca lagi panas panasnya
©Shutterstock

Tahu nggak sih kalau suhu air saat keramas ternyata mempengaruhi kesehatan kulit kepala? Air panas ternyata bisa mengikis kelembapan alami kulit kepala, yang kemudian memicu produksi minyak berlebihan. Hal ini yang bikin rambut rentan terlihat lepek.
Jadi, disarankan untuk keramas menggunakan air dingin saja atau air yang memiliki suhu ruangan untuk menjaga rambut tetap bersih dan bebas lepek.

Bermain dengan Gaya Rambut

tips mencegah rambut terlihat lepek saat cuaca lagi panas panasnya
©Shutterstock

Rambut terlihat lepek banget, tapi kamu lagi sibuk dan nggak sempat keramas. Bukan berarti kamu nggak bisa menjaga penampilan. Trik lain yang bisa dicoba adalah bermain dengan gaya rambut.

Samarkan rambut yang terlihat lepek dengan gaya rambut simpel, tapi tetap cocok digunakan untuk kuliah, kerja, dan aktivitas lainnya. Misalnya mengikat rambut dengan gaya half tie, braided ponytail yang timeless, atau high ponytail yang terlihat elegan. Dengan begitu, kamu bisa tetap menjaga penampilan tetap terlihat istimewa.

Ternyata ada banyak tips dan trik yang bisa dilakukan untuk menjaga rambut agar tidak terlihat lepek saat cuaca panas. Selamat mencobanya sendiri di rumah!

[wri]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini