Tips Berburu Selai Srikaya Otentik dari Siantar

Minggu, 16 Februari 2020 06:00 Reporter : Iwan Tantomi
Tips Berburu Selai Srikaya Otentik dari Siantar (c)Shutterstock

Merdeka.com - Pecinta kuliner di tanah air beberapa waktu lalu mendadak heboh. Penyebabnya adalah trending-nya sebuah makanan lezat, yakni roti kukus selai srikaya. Roti bertekstur lembut dengan isian selai srikaya yang manis ini sebenarnya nggak terlalu baru atau terasa asing di lidah.

Namun, akun twitter yang khusus membahas kuliner yaitu @FOODFESS2, menyebut roti kukus srikaya sebagai versi lain bakpao. Sama-sama roti kukus, perbedaannya hanya terletak pada isian yang manis dalam bentuk selai srikaya. Jadi bintang utama, selai srikaya sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah, lho.

Cara Membuat Selai Srikaya

traveloka baru

(c)Shutterstock

Kebanyakan orang beranggapan buah srikaya menjadi bahan utama dalam pembuatan selai srikaya. Padahal hanya namanya saja yang sama, bahan-bahannya sendiri cukup mudah ditemukan di toko bahan kue dan bisa dibuat di rumah.

Pertama, siapkan bahan selai yang terdiri dari gula pasir, santan, daun pandan, air, telur, vanili dan garam. Bagi pandan menjadi dua bagian, yang pertama diblender dengan sedikit air dan disaring. Sisa daun pandan dimasak bersama santan, gula dan sisa daun pandan yang diikat.

Aduk merata, lalu tambahkan kocokan telur dan aduk kembali hingga merata. Tambahkan air daun pandan ke dalam adonan selai dan masak hingga teksturnya mengental, beri sedikit garam. Cara penyajiannya cukup mudah. Ambil roti kukus, belah jadi dua lalu isi dengan selai srikaya.

Selai Srikaya Khas Siantar

traveloka baru

(c)Shutterstock

Selain bisa membuatnya sendiri, bisa juga membeli selai srikaya yang sudah jadi. Nah, kalau sedang beruntung mendapatkan diskon hotel di kawasan wisata Danau Toba, sempatkan untuk mampir ke Pematang Siantar demi memboyong pulang selai srikaya. Walau mudah ditemukan di seantero Sumatera Utara, tapi selai produksi Toko Roti Ganda di Siantar disebut-sebut sebagai yang ternikmat.

Terletak di Jalan Kartini, Toko Roti Ganda jadi jujukan banyak pengunjung yang rela antri untuk menikmati kelezatan roti dan selai srikaya yang terkenal lezat. Disambut aroma roti panggang, pembeli bisa melihat langsung proses pembuatan roti ganda, roti tawar berukuran besar yang dipotong menjadi dua bagian kemudian diisi selai srikaya.

Jadi Ikon Kota Pematang Siantar

traveloka baru

(c)Shutterstock

Telah membuka usaha sejak 38 tahun yang lalu, nggak heran jika Toko Roti Ganda disebut-sebut sebagai salah satu ikon Kota Pematang Siantar. Selain dapat menikmati roti yang dijual fresh from the oven lengkap dengan selai srikaya yang masih hangat, pengunjung juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh.

Bukan hanya mudah dibawa, selai srikaya ini juga lebih awet ketimbang Roti Ganda yang hanya bisa bertahan selama dua hari. Selai Srikaya produksi Toko Roti Ganda ini bisa disimpan selama seminggu di suhu ruangan dan sepuluh hari jika disimpan di dalam lemari pendingin. Ada tiga pilihan ukuran yang dijual di Toko Roti Ganda, yaitu yang berukuran segelas air mineral, setengah kilo hingga satu kilo.

Selai srikaya berwarna kecokelatan dengan aroma pandan khas Pematang Siantar ini bukan hanya cocok dinikmati bareng roti kukus, tapi juga roti panggang bahkan pisang bakar. Apalagi ditemani secangkir kopi atau teh hangat, bisa kebayang kan nikmatnya?

Daripada terlalu lama penasaran, langsung intip jatah cuti dan pesen penerbangan sekaligus booking hotel murah di kawasan Pematang Siantar atau sekitarnya. Ke mana pun tujuanmu berburu kuliner khas Nusantara, percayakan pada Traveloka untuk memuluskan semua perjalananmu. Bukan hanya menawarkan harga terbaik, tapi juga ada berbagai diskon yang bisa dimanfaatkan demi kesempurnaan liburanmu!

Selalu menyenangkan memang buat memanfaatkan beragam fitur Traveloka karena pemesanan akomodasi yang praktis dan beragam. Kemudian metode pembayarannya pun mudah dan keamanannya sangat terjamin. Makin menarik karena promo hotel di Traveloka selalu melimpah. Buktikan sendiri yuk! [tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Traveloka
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini