Tips aman saat mudik Lebaran

Kamis, 26 Juli 2012 08:12 Reporter : Destriyana
Tips aman saat mudik Lebaran

Merdeka.com - Eksodus mudik Lebaran menyebabkan kemacetan di jalan. Ingin perjalanan Anda nyaman? Pelajari dulu tips aman saat mudik Lebaran. Berikut adalah sekelumit kisah unik yang dialami oleh empat teman Merdeka.com ketika mudik.

Maret Johanes, 24, freelance designer di home production

Maret, yang kebetulan juga anak kos, lebih sering naik bus ketimbang transportasi publik lainnya. Selain lebih praktis, proses traksaksi juga bisa dilakukan langsung di tempat. Intinya, dia tak perlu   memesan tiket jauh-jauh hari untuk mudik ke Bondowoso.

Mahardhika Dwi Atmaja, 23, designer

Mahardhika rupanya lebih memilih naik motor dibanding kendaraan umum. Alasannya sih simpel, yakni lebih nyaman dan aman. “Lho, naik kendaraan umum itu malah lebih berbahaya. Copetnya meraja lela,” katanya sewaktu diwawancarai Merdeka.com. Pengalaman kecopetan bikin pria asal Jombang ini jadi takut naik angkutan umum.

Bangkit Adhi Nugroho, 23, wiraswasta

Berbeda dengan Mahardhika, Bangkit menilai bahwa naik motor itu lebih berbahaya. Terlebih lagi, sarana dan prasarana transportasi di Indonesia masih rawan kecelakaan. Pria yang biasa mudik ke Bandung ini akan merasa lebih aman ketika naik angkutan publik, khususnya kereta.

Ahmad Thoriq, 23, guru Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

Pria yang lebih suka dipanggil  Thoriq ini ternyata gemar mudik dengan sepeda motor. Faktor jarak tempuh yang tidak jauh (Malang-Blitar, sekitar 2 jam) membuatnya lebih nyaman naik motor. “Pada dasarnya sih saya memang suka sekali naik motor,” ungkapnya jujur. Sewaktu disinggung masalah kenyamanan,  Thoriq mengaku bahwa sepeda motor adalah alat transportasi yang paling mumpuni untuk melewati kemacetan. Pengendara motor juga bisa berhenti kapan saja dan di mana saja, ketika mereka capek.

Lantas, apa nih tips atau trik agar mudik jadi aman dan nyaman? Keempat teman Merdeka.com pun memberikan beberapa tips yang biasa mereka lakukan ketika mudik lebaran. Yuk kita cari tahu bersama-sama!

  • Berangkat di malam hari. Pada malam hari jalan raya menjadi lebih lengang dan cuaca tidak panas.
  • Mempersiapkan stamina. Perjalanan panjang membuat tubuh mudah kelelahan. Untuk itu, jagalah kesehatan sebelum melakukan mudik lebaran. 
  • Hindari calo. Bagi Anda yang naik kendaraan umum, hindari beli tiket di calo. Mending beli di agen resmi atau loket penjualan tiket!
  • Periksa kondisi kendaraan. Ini hal penting yang perlu diperhatikan oleh pengendara motor atau mobil yang ingin mudik. Alih-alih mudik lebaran, acara itu malah berujung maut. Bawa kendaraan ke bengkel terdekat dan cek kondisinya secara menyeluruh!
  • Bawa bekal. Dengan membawa bekal, Anda bisa menjaga kebugaran saat mudik di jalan. Disamping itu, makanan yang kita bawa lebih sehat dan terjamin amannya. 
  • Super cuek. Jangan pasang tampang bloon ketika menunggu di stasiun atau terminal. Jika tidak, para calo bisa seketika mengerubungi Anda. Tidak hanya itu, kebingungan Anda juga bisa memancing tindak kriminal lho
  • Pakailah perlengkapan “tempur”. Pemudik yang gemar mengendarai motor sebaiknya memakai perlengkapan “tempur”, seperti helm, jaket, sarung tangan, masker, dan sepatu. Eits...Jangan lupa! Patuhi rambu-rambu lalu lintas dengan benar.
  • Menaruh uang di tempat yang aman. Taruh sebagian uang Anda di dalam tas, kalau bisa sih di bagian paling bawah. Lalu, taruh separuhnya di tempat yang mudah dijangkau. Jadi, Anda tak terlalu sering buka-tutup tas yang malah memicu tindakan pencopetan.
  • Kunci rumah atau kamar kos. Pastikan Anda telah mengunci rumah atau kamar kos rapat-rapat. Selama di perjalanan, Anda bisa lebih tenang karena rumah atau kamar kos Anda telah aman dari maling.
  • Doa. Meski persiapan sudah matang, nasib buruk kadang tetap menimpa Anda. Oleh karena itu, doa menjadi jurus jitu yang ampuh saat mudik di perjalanan.

Itulah tips yang berhasil kami rangkum dari opini keempat teman Merdeka.com. Mudik memang menjadi aktivitas penting selama masa lebaran. Semua orang tentu ingin pulang ke kampung halaman masing-masing. Namun, tak ada salahnya kok untuk mempersiapkan mudik kali ini dengan lebih matang. Yuk bagi cerita serumu selama lebaran! [des]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini