KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Tetap percaya diri saat memakai kawat gigi

Kamis, 1 November 2012 16:32 Reporter : Kun Sila Ananda
Ilustrasi kawat gigi. ©clearchoiceortho.com

Merdeka.com - Siapa bilang memakai kawat gigi pasti merepotkan dan membuat Anda serba salah saat makan di tempat umum? Anda juga bisa tampil percaya diri kok dengan kawat gigi.

Selain itu, merawat kawat gigi juga tidak sesulit yang dibayangkan. Tak percaya? Simak tips dari Health Me Up (01/11) berikut ini.

1. Mengunyah
Ketika mengunyah, potong makanan Anda dalam ukuran kecil dan kunyah secara perlahan.

2. Hindari makanan keras
Setelah kawat gigi dilepas Anda bisa makan apapun yang Anda inginkan. Namun saat ini, lebih baik memilih makanan yang sedikit lunak. Konsumsi buah yang lunak seperti pisang, pepaya, dan semangka. Anda juga bisa makan yogurt dan es krim.

3. Permen karet
Hindari mengonsumsi permen karet dulu. Permen karet yang lengket bisa menempel pada kawat gigi dan akan sulit terlepas.

4. Gula
Jangan terlalu banyak mengonsumsi gula. Karena gula bisa menyebabkan berkumpulnya bakteri di sekitar kawat gigi. Bakteri bisa menembus kawat gigi dan menggerogoti kalsium gigi.

5. Gunakan gigi belakang
Kunyah makanan menggunakan gigi bagian belakang akan memudahkan Anda untuk mengunyah makanan kasar.

6. Tersenyum
Tersenyum lebar saat memakai kawat gigi sebenarnya tak masalah bagi orang yang percaya diri. Namun jika Anda masih ragu-ragu, tutup bibir Anda dan sunggingkan bagian ujung bibir Anda. Selain tetap cantik, Anda juga terlihat sopan.

7. Sikat gigi
Ketika menggunakan kawat gigi akan lebih baik jika Anda menyikat gigi sesering mungkin, misalkan tiga sampai empat kali sehari. Berkumurlah juga dengan air hangat. Tambahkan satu sendok makan air garam pada air untuk berkumur.

8. Membersihkan
Sebaiknya lakukan pembersihan mulut dan kawat gigi setidaknya sekali dalam satu bulan di dokter gigi.

9. Minum air
Banyak-banyaklah minum air. Air akan mencegah munculnya bakteri dan membuat mulut Anda terasa segar. Minum air juga bisa mengurangi munculnya bau mulut.

Itulah beberapa cara menjaga kebersihan dan merawat kawat gigi. Jika kawat gigi bersih dan terawat, Anda pun semakin percaya diri menggunakannya. [kun]

Topik berita Terkait:
  1. Wanita Merdeka
  2. Tips

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.