Ternyata inilah penyebab ketombe makin membandel

Kamis, 23 Juni 2016 00:02 Reporter : Ayu Miranti
Ternyata inilah penyebab ketombe makin membandel Ternyata inilah penyebab ketombe makin membandel. ©shutterstock

Merdeka.com - Rasa gatal di kulit kepala akibat ketombe muncul di kulit kepala memang sering menimbulkan rasa tak nyaman. Jika ingin mengatasi ketombe dengan ampuh, ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab ketombe yang umumnya menyerang kesehatan kulit kepala. Beberapa hal ini dapat membuat masalah ketombe semakin membandel. Simak faktanya, yuk!

Kondisi Kulit Kepala

Kelembapan alami kulit kepala yang kurang seimbang bisa memicu pertumbuhan ketombe. Kulit kepala yang terlalu berminyak membuat kondisinya sangat lembap sehingga menjadi ladang subur pertumbuhan jamur Malassezia yang menyebabkan ketombe. Sementara itu, jika kulit kepala terlalu kering, dapat membuat area tersebut mudah iritasi dan berketombe.

Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari

Paparan sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan kulit kepala kering yang melemahkan area tersebut. Kondisi ini rentan membuat kulit kepala mengelupas, iritasi, hingga berketombe. Jika sering beraktivitas di luar ruangan, berikan perlindungan ekstra pada kulit kepala dengan menggunakan sunscreen khusus atau topi.

Shampo Anti Ketombe yang Kurang Sesuai

Salah satu penyebab ketombe yang membuat kondisinya semakin parah adalah penggunaan shampo anti ketombe yang kurang sesuai. Hal ini disebabkan oleh kandungan shampo yang hanya mengatasi ketombe di permukaan saja, sehingga tidak dapat memberikan perlindungan pada risiko ketombe yang datang kembali.

Menggunakan shampo anti ketombe yang salah juga bisa menyebabkan ketombe makin parah. Kulit kepala pria dan wanita memiliki kondisi yang berbeda, sehingga diperlukan juga perbedaan formulasi untuk mengatasi ketombe. Pastikan pilih shampo anti ketombe yang tepat untuk perawatan lebih maksimal.

Keramas dengan Air Panas

Keramas dengan suhu air yang terlalu panas juga bisa menjadi penyebab ketombe semakin membandel. Temperatur air yang terlalu tinggi memang dapat membersihkan kotoran secara menyeluruh, termasuk minyak alami kulit kepala yang berperan untuk melembapkan rambut. Akibatnya, kulit kepala kering dan rentan berketombe. Keramas dengan air dingin bisa menjadi alternatif yang baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Pola Diet yang Kurang Seimbang

Kulit kepala juga memerlukan sumber nutrisi untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Diet yang kurang seimbang dapat membuat kondisi kulit kepala melemah dan menyebabkan ketombe yang makin membandel. Perbanyak konsumsi bahan makanan yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut, misalnya jenis ikan yang mengandung Omega 3, telur sebagai sumber protein, dan buah serta sayuran untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.

Mengatasi ketombe yang membandel juga bisa diperoleh lewat bantuan CLEAR Ice Cool Bus. Program bus anti ketombe persembahan CLEAR Shampo ini bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia agar terbebas dari ketombe.

Program Ice Cool Bus ini akan mendatangi 13 kota di Indonesia, di antaranya adalah Medan, Padang, Palembang, Bandung, Semarang, Bali, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Samarinda, Balikpapan, dan Banjarmasin. Khusus untuk Aceh dan Papua CLEAR akan sebarkan produk Ice Cool Menthol agar masyarakatbisa ikut merasakan hidup bebas ketombe dan #BEBASPUTIHPUTIH.

Nikmati keramas dan hair styling gratis dari brand shampo anti ketombe pilihan no. 1 di Indonesia* dalam event CLEAR Ice Cool Bus. Jika beruntung, Anda juga bisa mendapatkan kesempatan eksis di TV lewat foto #BebasPutihPutih yang sudah di-upload di media sosial. Segera basmi penyebab ketombe dengan cara yang paling ampuh, yuk! (adv/wri/ayu) [ayu]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini