Tekuni hobi ternyata bisa bikin cepat naik jabatan, benarkah?

Senin, 9 Februari 2015 18:03 Reporter : Tantri Setyorini
Tekuni hobi ternyata bisa bikin cepat naik jabatan, benarkah? Ilustrasi sukses. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/aslysun

Merdeka.com - Menekuni minat dan hobi di sela-sela kesibukan ternyata bisa membuat seorang karyawan lebih cepat mendapat promosi jabatan. Benarkah?

Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh San Francisco State University seperti dilansir Lifehack. Melibatkan diri pada kegiatan yang menarik minat di waktu senggang bisa meningkatkan kemungkinan mendapat promosi jabatan.

Penelitian ini dilakukan dengan survei terhadap sejumlah karyawan. Mereka diminta untuk menjelaskan kegiatan apa saja yang mereka lakukan di luar pekerjaan dan performa yang mereka tunjukkan di tempat kerja.

Hasil survei menunjukkan kalau responden yang menekuni aktivitas kreatif di luar pekerjaan menunjukkan prestasi 15 persen hingga 30 persen lebih baik daripada mereka yang tidak rutin menekuni hobi.

Menurut analisis para peneliti, berpartisipasi dalam kegiatan kreatif bisa membantu seseorang mengembangkan keahlian kognitif dan menemukan keahliannya. Selain itu, hobi juga bisa membuat seseorang melepaskan diri dari stres di tempat kerja dan membawa 'energi' baru.

Tetapi hobi yang ditekuni harus bersifat produktif. Misalnya bermain game yang membuat Anda belajar strategi, menonton film yang memberikan pelajaran berguna bagi kehidupan sehari-hari, membaca buku yang informatif, atau hobi lainnya yang bisa memberikan nilai tambah.

Jadi, tunggu apa lagi? Temukan hobi Anda sekarang juga, lalu manfaatkan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan kelebihan Anda. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini