Tawarkan 1,2 juta buku & arsitektur futuristik, China resmikan perpustakaan terkeren

Rabu, 15 November 2017 07:07 Reporter : Tantri Setyorini
The Eye of Binhai. ©2017 MVRDV

Merdeka.com - Biasanya perpustakaan memiliki kesan kuno dan suram. Walaupun begitu tak sedikit pula perpustakaan yang memiliki arsitektur megah. Sementara perpustakaan yang baru diresmikan di China ini memiliki desain futuristik yang menakjubkan.

China memang tak pernah setengah-setengah dalam membangun gedung megah. Menurut China Daily, bangunan megah adalah simbol kemakmuran. Biasanya dibangun di kota lapis kedua yang sedang bertumbuh untuk menaikkan pamor di mata dunia. Kali ini giliran Tianjin, salah satu kota lapis kedua di timur laut China yang menjadi tuan rumah salah satu struktur termegah di dunia. Adalah The Eye of Binhai, sebuah perpustakaan dengan desain futuristik yang dibangun di Distrik Kultural Binhai.

The Eye of Binhai ©2017 MVRDV

The Eye of Binhai ©2017 MVRDV

The Eye of Binhai mencakup area seluas 34.000 meter persegi dan terdiri dari 5 lantai. Perpustakaan memiliki area baca di lantai dasar, area lounge di bagian tengah dan kantor, ruang rapat, dan ruang audio-komputer di bagian atas.

The Eye of Binhai ©2017 MVRDV

Rak-rak bertingkat yang mengelilingi bagian dalam bangunan menampung hingga 1,2 juta buku. Bagian tengahnya membentuk auditorium melingkar dengan bola putih raksasa di pusatnya. Jika dilihat sekilas tampak seperti bola mata yang mengawasi segala penjuru perpustakaan.

Perpustakaan ini dirancang oleh firma arsitektur Belanda MVRDV bekerja sama dengan Tianjin Urban Planning and Design Institute. Hanya dibutuhkan tiga tahun untuk menyelesaikan pembangunan perpustakaan. [tsr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.