Tata Cara Naik Pesawat Terbang Terbaru, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Sabtu, 20 November 2021 09:00 Reporter : Iwan Tantomi
Tata Cara Naik Pesawat Terbang Terbaru, Apa Saja yang Harus Disiapkan? Tata Cara Naik Pesawat Terbang Terbaru, Apa Saja yang Harus Disiapkan?. ©Shutterstock

Merdeka.com - Seiring dengan semakin membaiknya kondisi pandemi belakangan ini, beragam aturan bepergian pun kian diperlonggar. Apalagi sebagian besar masyarakat Indonesia, juga sudah mengikuti program vaksinasi, sehingga kabar baik soal traveling ini pun disambut antusias.

Tak sedikit yang mulai merencanakan liburan ke berbagai destinasi. Meski belum leluasa pergi ke luar negeri, setidaknya bisa berwisata ke daerah lain di Indonesia, seperti Bali sudah cukup membahagiakan. Tak heran jika tiket pesawat Jakarta Bali belakangan ini pun ramai dipesan.

Lantas, seperti apa tata cara naik pesawat terbang terbaru, termasuk menuju Bali dari berbagai kota di Indonesia? Berikut ini beberapa persyaratan yang harus disiapkan.

Wajib Melampirkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19

tata cara naik pesawat terbang terbaru apa saja yang harus disiapkan
©Shutterstock

Syarat pertama yang harus dipenuhi berdasarkan SE Satgas Covid-19 No 22 Tahun 2021 dan SE Kemenhub No 96 Tahun 2021, melampirkan kartu atau sertifikat vaksinasi Covid-19 merupakan kewajiban bagi wisatawan domestik yang ingin berkunjung ke Bali dengan pesawat terbang. Paling tidak, apabila vaksinasi dosis pertama sudah dilakukan, maka sudah liburan ke Bali. Jadi, jangan ragu untuk memesan tiket pesawat dari bandara terdekat menuju Bali, seperti tiket pesawat Surabaya Bali misalnya.

Tes Negatif Antigen untuk Wisatawan dengan Vaksinasi Dosis Lengkap

Meski di peraturan awal, pemerintah mewajibkan hasil tes PCR negatif yang sampelnya diambil maksimal 3x24 sebelum penerbangan menuju ke Bali bagi seluruh wisatawan, revisi terbaru telah ditetapkan. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam konferensi pers evaluasi PPKM di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada 1 November 2021, menjelaskan jika perjalanan udara wilayah Jawa dan Bali kini tak harus menggunakan tes PCR, melainkan cukup tes antigen, khususnya untuk wisatawan yang status vaksinasinya lengkap 2 dosis.

Tes Rapid Antigen atau Hasil Tes PCR Negatif untuk Wisatawan dengan Vaksinasi Dosis 1

tata cara naik pesawat terbang terbaru apa saja yang harus disiapkan
©Shutterstock

Adapun untuk wisatawan yang status vaksinasinya masih dosis 1, di samping wajib melampirkan kartu atau sertifikat vaksinasi Covid-19 minimal 1 dosis, juga harus menyertakan hasil tes negatif. Hasil tes tersebut dapat diperoleh dari tes rapid antigen negatif yang sampelnya diambil maksimal 1x24 jam sebelum penerbangan, atau hasil tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 3x24 jam sebelum penerbangan.

Anak-Anak di Bawah 12 Tahun Diperbolehkan Naik Pesawat

Bagaimana dengan anak-anak? Kabar baiknya, anak-anak di bawah usia 12 tahun juga diperbolehkan naik pesawat. Syaratnya, ia harus didampingi orang tua atau keluarga yang dibuktikan dengan kartu keluarga, serta memenuhi syarat tes Covid-19, sebagaimana aturan yang berlaku di bandara keberangkatan dan tujuan.

Aplikasi PeduliLindungi Tak Masuk Syarat Utama Penerbangan

tata cara naik pesawat terbang terbaru apa saja yang harus disiapkan
©Shutterstock

Sementara untuk aplikasi PeduliLindungi yang kerap digunakan saat bepergian atau masuk ke tempat-tempat wisata, restoran, mal, hotel atau semacamnya, kini tak lagi jadi syarat utama penerbangan. Meski begitu, ada baiknya tetap disiapkan, karena mempermudah bepergian, daripada ke mana-mana harus membawa kartu vaksinasi Covid-19 secara manual, kan?

Apabila semua persyaratan tersebut bisa dipenuhi, maka tak perlu lagi ragu untuk segera pesan tiket pesawat dari kota masing-masing. Apalagi kini penerbangan ke Bali sudah tersedia di berbagai kota besar. Jadi selain Jakarta dan Surabaya, bisa cek juga tiket pesawat menuju Bali. Misalnya, tiket pesawat Bandung Bali yang kini juga banyak menebar promo menarik. Siapa tahu dapat tiket murah untuk liburan ke Bali pertama kali setelah pandemi ini bersama keluarga? Jadi, jangan sampai dilewatkan ya! [wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tokopedia
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini