Tak Kalah Megah dari Piramida Agung Giza, Mesir Juga Punya Piramida Berwarna Merah

Jumat, 13 Maret 2020 06:04 Reporter : Tantri Setyorini
Tak Kalah Megah dari Piramida Agung Giza, Mesir Juga Punya Piramida Berwarna Merah Piramida Merah. ©Pixabay/lapping

Merdeka.com - Keajaiban dunia paling menonjol yang dimiliki Mesir adalah Piramida Agung, berlokasi di Giza atau Gizeh. Dua dari tiga piramida terbesar berada di sana, yaitu Khufu dan Khafra. Tak banyak yang tahu kalau piramida terbesar ketiga adalah Piramida Merah.

Piramida Merah berada di Dahshur, Kairo. Struktur megah ini cukup unik, karena memiliki warna kemerahan yang tidak biasa.

1 dari 2 halaman

Struktur Gagasan Firaun Sneferu

piramida merah

Wikimedia Commons/Ivrienen

Menurut The Great Pyramid: Ancient Egypt Revisited, Piramida Merah atau disebut juga Piramida Utara terletak di ketinggian 104 meter. Panjangnya mencapai 220 meter. Piramida merah sempat menjadi piramida terbesar di Mesir sampai Piramida Giza rampung dibangun.

Piramida Merah dibangun oleh Firaun Sneferu, pendiri Dinasti Keempat Mesir. Bangunan megah ini didirikan di tahun 2590 SM dan merupakan piramida pertama yang sukses dibuat dengan struktur limas segi empat mulus sempurna. Awalnya orang Mesir membangun piramida dengan struktur berundak.

2 dari 2 halaman

Terbuat dari Batu Kapur Merah Berlapis Kapur Putih

piramida merah

Pixabay/lapping

Disebut Piramida Merah karena tersusun dari batu-batu kapur berwarna kemerahan. Dulunya piramida tersebut masih dilapisi batu kapur Tura yang berwarna putih. Namun lama-kelamaan permukaannya terkikis.

Pada Zaman Pertengahan, batu kapur putih dari Piramida Merah banyak diambil untuk pembangunan gedung-gedung di Kairo. Pirameda Merah pun menunjukkan wajah aslinya yang bersemu kemerahan.

Dulunya Piramida Merah sempat ditutup, karena adanya aksi kelompok militan yang bisa membahayakan wisatawan. Namun kini sudah dibuka untuk umum. [tsr]

Baca juga:
Lengang, Potret Pariwisata Thailand yang Lesu Karena Wabah Corona
Gunung Mihara, Tempat Bunuh Diri di Jepang yang Bahkan Lebih Seram dari Aokigahara
Murah Meriah, 6 Objek Wisata Gratis di Surabaya yang Instagramable
Mengintip Isi Museum Mabuk di Zagreb, Kroasia
Sederet Objek Wisata Iran yang Tak Banyak Diketahui Pelancong

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini