Supertree Grove, pohon canggih yang jadi ikon taman Singapura

Selasa, 1 Juli 2014 13:07 Reporter : Tantri Setyorini
Supertree Grove, pohon canggih yang jadi ikon taman Singapura Supertree Groe, Singapura. ©2014 Merdeka.com/Amazing Places On Earth

Merdeka.com - Pohon-pohon raksasa ini tampak unik, bukan? Ini adalah Supertree Grove, pohon-pohon raksasa yang menjadi bagian dari Gardens by the Bay, taman seluas 101 hektar yang jadi primadona pariwisata baru di Singapura. Seperti dikutip dari Amazing Places On Earth, Supertrees sejatinya adalah struktur buatan yang dibentuk menyerupai pohon raksasa. Struktur berukuran masif ini mendominasi areal Gardens by the Bay dan menjadi ikon dari taman umum tersebut.

Dengan ketinggian yang berkisar antara 25 meter dan 50 meter, menjadikan pohon-pohon tersebut bisa difungsikan sebagai kebun vertikal. Seluruh permukaan batang Supertrees ditutupi dengan tumbuh-tumbuhan. Ada kantung-kantung berisi tanaman pakis yang unik dan eksotis, tanaman merambat, anggrek dan sejumlah koleksi tumbuhan bromeliad. Menurut Wikipedia pohon-pohon ini dilengkapi dengan teknologi canggih yang menyerupai fungsi ekologis pohon sungguhan. Pada bagian atas pohon terdapat sel photovoltaic yang memanfaatkan energi surya. Fungsinya adalah menyaring dan memancarkan kembali sinar matahari yang nantinya akan digunakan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis. Pohon tersebut juga mampu menyerap dan menyimpan air hujan yang nantinya akan digunakan dalam irigasi. Tak uma sampai di situ, Supertrees juga mampu menyerap, mengolah, dan menyaring udara di sekitaranya, kemudian dilepaskan kembali dalam bentuk yang lebih murni. Menjadikan areal sekitarnya terasa sejuk, persis seperti sejuknya lahan yang dipenuhi pepohonan.

Photo by Flickr/Choo Yut Shing via Amazing Places On Earth

Photo by GoWildImages.com/Jason Freeman via Amazing Places On Earth

Pada malam hari Supertree Grove menamilkan keindahan yang unik dan bernuansa surealis. Pohon-pohon itu tampak menakjubkan dalam gelap karena dihiasi dengan lampu berwarna-warni. Sebagai pelengkap, alunan musik yang dimainkan OCBC Park Rhapsody semakin menyemarakkan suasana malam.

Photo by Flickr/MilaMai via Amazing Places On Earth

Photo by www.clubsnap.com

Ada sebuah jembatan panjang bernama OCBC Skyway yang menghubungkan dua Supertrees paling besar, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan 'pucuk' pohon sekaligus menatap pemandangan area sekitar dari ketinggian. Rencananya sebuah outlet makanan akan ditempatkan pula di sana, tepatnya di ketinggian 50 meter Supertrees. [tsr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini