Suka Salad Wakame? Ini Manfaat Kecantikan yang Bisa Didapat dengan Memakannya

Selasa, 11 Desember 2018 08:02 Reporter : Tantri Setyorini
Suka Salad Wakame? Ini Manfaat Kecantikan yang Bisa Didapat dengan Memakannya Ilustrasi rumput laut. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Kalau Anda termasuk penyuka makanan Jepang mungkin Anda sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Salad rumput laut Jepang alias wakame. Biasanya disajikan bersama taburan wijen dan sedikit cuka.

Dilansir Healthline, wakame berasal dari ganggang coklat yang tumbuh di dasar laut. Termasuk sayuran laut yang disarankan banyak ahli gizi karena nutrisi yang dikandungnya. Sayuran ini kaya akan serat, magnesium, mangan, kalsium, kalium, folat, dan zat besi.

Selain sehat untuk tubuh, tentunya wakame juga memiliki sejumlah kegunaan untuk kecantikan. Manfaat kecantikan apa saja yang bisa didapatkan dari konsumsi wakame? Berikut ini beberapa di antaranya.

1 dari 4 halaman

Melindungi sel kulit

Ilustrasi rumput laut. ©Shutterstock

Semangkuk salad wakame bisa membantu Anda melindungi sel kulit dari kerusakan. Wakame merupakan sumber karotenoid yang disebut fucoxanthin. Kekuatan antioksidannya tiga belas kali lebih kuat daripada vitamin E. Fucoxanthin juga mampu melindungi membran sel lebih baik daripada vitamin A.

2 dari 4 halaman

Melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet B

Ilustrasi rumput laut. ©Shutterstock

Wakame merupakan tabir surya alami yang bisa melindungi kulit dari dalam. Selain fucoxanthin, wakame juga diperkaya kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Ketiganya bertugas melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet B yang merusak. Makan sayuran ini secara teratur akan menurunkan risiko kerusakan kulit akibat sinar ultra violet.

3 dari 4 halaman

Mencegah penuaan dini

Ilustrasi rumput laut. ©Shutterstock

Karotenoid dan flavonoid yang terkandung di dalam wakame tak hanya berfungsi melindungi kulit. Nutrisi ini juga berguna untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Kerutan dan flek hitam pun bisa dihindari lebih lama.

4 dari 4 halaman

Membantu menurunkan berat badan

Ilustrasi rumput laut. ©Shutterstock

Makan rumput laut secara teratur dapat membantu Anda menurunkan berat badan berlebih.

Para peneliti percaya ini mungkin karena kemampuan rumput laut untuk mempengaruhi tingkat hormon leptin. Leptin adalah hormon yang bertugas mengatur berat badan. Dikombinasikan dengan serat tinggi yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, fucoidan, sejenis sPS yang ditemukan di dalam rumput laut dapat meningkatkan pemecahan lemak dan mencegah pembentukannya kembali. [tsr]

Baca juga:
Ini resep green smoothie peluruh toksin dan penghalus kulit ala Kourtney Kardashian

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini