Suatu Natal ketika (tidak sengaja) menemukan berkah

Jumat, 10 Januari 2014 15:33 Reporter : Kustin Ayuwuragil Desmuflihah
Suatu Natal ketika (tidak sengaja) menemukan berkah Ilustrasi Natal. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/wavebreakmedia

Merdeka.com - Suatu waktu yang menyatukan seluruh keluarga berada dalam satu atap kadang bisa menjadi momen yang tepat untuk menemukan ide membuka usaha. Seperti pengalaman yang dilalui oleh Pek Thien Poo dan istrinya Hanna Novianti ini misalnya. Mereka menemukan ide untuk membuka peluang usaha, yaitu Tokopuding.com, ketika Natal tiba.


"Ceritanya mungkin cukup unik dan seperti sebuah ketidaksengajaan, tapi kami percaya semua sudah ada mengatur. Berawal dari membeli kulkas yang berhadiah sebuah panci beralas tebal. Melihat panci itu tiba-tiba timbul keinginan kembali untuk membuat karamel dan kemudian menjadikannya sebuah puding. Singkat cerita setelah puding itu jadi, ternyata seluruh keluarga terutama anak kami sangat menyukainya (padahal sebelumnya sudah beberapa kali membeli produk puding dan mereka tidak menyukainya). Bahkan setelah itu mereka malah minta dan minta dibuatkan lagi. Dan pada waktu itu bertepatan juga dengan menjelang perayaan Natal, dan timbul ide untuk menjadikan puding itu juga sebagai bingkisan Natal yang tidak biasa bagi beberapa rekan kami. Ternyata respon mereka sangat positif juga", cerita Thien Poo pada merdeka.com kemarin (9/1).

Dari respon positif beberapa pihak ini, Thien Poo dan istrinya mulai mengembangkan usaha mereka dengan lebih serius. "Kami mencoba untuk mulai lebih serius lagi dengan rasa dan performa produk puding ini. Kami juga mulai mencari toko-toko yang dapat menyediakan bahan baku, cetakan, kemasan, dll. Dan tidak ketinggalan, kami pun segera mempersiapkan beberapa desain untuk logo, kartu nama, blog, dll untuk dapat dipergunakan sebagai alat-alat pemasaran. Februari 2011 blog pertama yang sederhana diluncurkan, belum menggunakan self domain & hosting seperti sekarang. Tetapi ternyata hanya dalam beberapa minggu saja order mulai berdatangan dan berasal dari konsumen yang belum pernah kami kenal sebelumnya, baik dari Kota Bandung sendiri maupun dari Jakarta dan sekitarnya. Bahkan kami pun sangat bersyukur dalam beberapa bulan kemudian hingga saat ini, usaha kami mendapat apresiasi dari beberapa media cetak maupun media elektronik nasional. Dukungan dari konsumen dan rekan-rekan media telah menjadi api semangat bagi kami untuk semakin serius dan maju di usaha ini", lanjutnya.

TokoPuding.com ini pun kini memiliki berbagai kelebihan yang dapat dibanggakan oleh Thien Poo. "TokoPuding.Com, lahir dari sebuah kesederhanaan konsep, yaitu menghadirkan berbagai varian produk Puding yang Sehat, Variatif, dan Kaya akan Rasa. Sehat, Semua produk pudding menggunakan bahan-bahan baku yang tidak asal murah, tetapi benar-benar alami dan berkualitas. Tidak menggunakan tambahan pengawet, perasa ( essence/ pasta ), maupun pewarna. Telah memenuhi persyaratan Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Bandung. Variatif, Bukan hanya 1 2 jenis pudding saja, tetapi lebih dari 50 jenis pudding ada di sini. Dari yang bernuansa kopi, teh, coklat, buah-buahan, bahkan kreasi pudding dari makanan-makanan tradisional, dll telah kami hadirkan untuk dapat dinikmati dengan sensasi rasa dan performa yang unik dan mewah. Dan bukan hanya jenis cold pudding saja, tetapi juga cake pudding, baked pudding, decorated pudding, dan lain-lain. Kaya akan rasa, Walaupun kami tidak menggunakan essence/ pasta sebagai perasa, namun Aneka Puding dari TokoPuding.Com terbukti tetap kaya akan rasa yang alami. Itu semua dapat terjadi karena semua produk dibuat dari campuran bahan-bahan asli/ alami dan telah diracik dengan takaran yang tidak berhemat sampai menghasilkan suatu rasa yang pas dan istimewa. Selain ketiga faktor di atas, produk-produk TokoPuding.Com juga menyajikan dekorasi yang cantik dan elegant walaupun tidak menggunakan unsur pewarna buatan. Sehingga produk-produk puding ini tidak hanya menjadi kudapan biasa, tapi layak untuk dijadikan bingkisan yang cantik di moment-moment spesial maupun untuk disajikan dalam sebuah acara pesta, dll.", terang pria kelahiran Jombang ini.

Namun usaha Thien Poo dan keluarga tidak berhenti di situ saja. Thien Poo usaha ini menjadi "cikal bakal" dari suatu pastry shop dengan koleksi terlengkap, unik, enak, dan juga memajukan unsur-unsur tradisional yang hadir dalam gerai-gerai offline maupun online, berikut dengan sarana pelatihannya sekaligus. Hm, suatu berkah Natal yan tidak diduga, bukan?

Baca juga:
Kue ulang tahun cantik ada di TokoPuding.com

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini