Stop Panik, Lakukan Persiapan Ini untuk Menghadapi Prediksi Resesi Global Tahun Depan

Rabu, 23 November 2022 13:48 Reporter : Wuri
Stop Panik, Lakukan Persiapan Ini untuk Menghadapi Prediksi Resesi Global Tahun Depan Stop Panik, Lakukan Persiapan Ini untuk Menghadapi Prediksi Resesi Global Tahun Depan. ©Shutterstock

Merdeka.com - Beberapa waktu belakangan ini, media sosia ramai oleh perbincangan netizen soal ancaman resesi global yang diprediksi akan terjadi pada tahun depan. Terlebih Presiden Jokowi pernah menyebutkan bahwa kemungkinan perekonomian dunia 'gelap' tahun depan sehingga masyarakat harus melakukan berbagai persiapan. Hal ini jelas menimbulkan kepanikan tersendiri bagi sebagian kalangan masyarakat Indonesia.

Lantas, apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk menghadapi prediksi resesi global yang akan hadir tahun depan? Berikut ini beberapa poin yang bisa menjadi catatan.

Waspada Boleh tapi Jangan Panik

stop panik lakukan persiapan ini untuk menghadapi prediksi resesi global tahun depan
©Shutterstock

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam menghadapi resesi yang mungkin terjadi tahun depan adalah tetap waspada tapi jangan sampai panik. Banyak tips yang menyarankan untuk menyimpan uang tunai sebanyak-banyaknya, tapi waspada hal ini bisa menimbulkan kepanikan massal yang membuat orang-orang mengambil simpanannya di bank dalam jumlah besar di waktu bersamaan. Jika hal ini terjadi, ekonomi bisa benar-benar collapse.

Jadi, penting untuk memperhatikan langkah-langkah bijak dalam menghadapi wacana resesi tersebut. Beberapa pengamat ekonomi bahkan menilai Indonesia berpeluang untuk survive tahun depan karena negara ini memproduksi bahan pangan sendiri. Selain itu, ekonomi Indonesia juga dipandang masih bisa bertumbuh selama roda perekonomian nasional bisa digerakkan lewat sektor UMKM. Stimulus pemerintah pun dinilai bisa menjadi salah satu hal yang membantu meningkatkan minat belanja masyarakat.

Biarpun Ancaman Ekonomi Sulit, tapi Jangan Mudah Tergiur Investasi Abal-Abal

stop panik lakukan persiapan ini untuk menghadapi prediksi resesi global tahun depan
©Shutterstock

Investasi belakangan ini jadi salah satu financial planning yang diincar banyak orang, termasuk anak muda. Beberapa financial planner bahkan merekomendasikan untuk melakukan investasi yang aman demi menghadapi resesi, seperti emas yang nilainya cenderung stabil. Namun, waspada momen ini malah dimanfaatkan oleh pihak yang nggak bertanggung jawab dengan menawarkan investasi abal-abal.

Iming-iming keuntungan besar memang sering bikin gelap mata ketika bicara soal keuangan masa depan. Tapi, satu hal yang wajib diperhatikan bahwa investasi yang benar dan aman tidak menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Selain itu, jangan lupa lakukan cross check terlebih dulu terhadap investasi yang akan dilakukan. Pastikan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) demi keamanan uang yang akan diinvestasikan.

Persiapkan Ide Side Hustle

stop panik lakukan persiapan ini untuk menghadapi prediksi resesi global tahun depan
©Shutterstock

Salah satu dampak yang perlu dipersiapkan jika resesi benar-benar terjadi adalah ancaman pemutusan hubungan kerja secara besar-besaran di berbagai sektor usaha. Belajar dari layoff yang terjadi saat awal pandemi lalu, punya side hustle alias penghasilan tambahan jadi hal yang perlu dipersiapkan mulai sekarang.

Masih ada waktu untuk mulai merintis dan mengawali side hustle tersebut kok. Nggak harus membangun bisnis besar, manfaatkan skill atau hobi yang berpotensi menghasilkan cuan. Misalnya bagi yang hobi memasak, bisa coba membuka bisnis kuliner dengan sistem pre order. Bagi yang memiliki skil desain atau programming, bisa menemukan peluang penghasilan tambahan dengan ikut project yang bisa dikerjakan secara remote.

Kurangi Pengeluaran Konsumtif, Perbanyak Pos Tabungan & Dana Darurat

stop panik lakukan persiapan ini untuk menghadapi prediksi resesi global tahun depan
©Shutterstock

Ini dia salah satu prinsip mengatur keuangan yang wajib dilakukan dalam rangka menghadapi kemungkinan resesi yang akan terjadi tahun depan. Idealnya, mulai sekarang harus mulai mengatur keuangan pribadi dengan cara mengurangi pengeluaran konsumtif dan alokasikan untuk menambah pos tabungan serta dana darurat.

Hapus semua pengeluaran konsumtif yang bukan bagian dari kebutuhan pokok dan mulai disiplin membayar berbagai tagihan bulanan tepat waktu, seperti kartu kredit, listrik, air, internet, asuransi, dan berbagai tagihan lainnya. Hal ini penting agar flow keuangan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya tagihan yang menunggak.

Untungnya sekarang bayar-bayar tagihan bulanan bisa dilakukan dengan mudah lewat aplikasi DANA yang terinstall di smartphone. Bisa bayar kapan saja dan dari mana saja, jadi nggak ada alasan lagi telat bayar!

Menariknya lagi, transaksi di aplikasi DANA juga bikin Bebas Cemas karena DANA memiliki sistem keamanan berlapis & dinamis yakni DANA Protection. Salah satu contohnya adalah setiap transaksimu akan dilindungi oleh PIN DANA, Kode OTP dan DANA Viz, yang bikin bayar ini itu jadi makin aman.

stop panik lakukan persiapan ini untuk menghadapi prediksi resesi global tahun depan
©Shutterstock

Selain itu juga, DANA memiliki fitur Pusat Resolusi yang bisa kamu manfaatkan untuk melaporkan kendala jika terjadi suatu masalah saat kamu bertransaksi. Hebatnya, selain mengirim laporan, kamu juga sekaligus bisa melihat progres dari penyelesain masalah tersebut lho. Plus, kamu juga bisa menghubungi DANA Customer Care 24 Jam lewat fitur ini.

Yuk, ikuti tips di atas biar kamu bisa aman jika terjadi resesi global. Jangan lupa juga untuk download dan install aplikasi DANA sekarang juga biar hidupmu #BebasDrama ya!

[wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Keuangan
  3. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini