Selalu have fun dalam melayani customer, prinsip pria ini

Jumat, 14 Maret 2014 15:33 Reporter : Anang Panca Kurniawan
Customer. ©2014 Merdeka.com/forbes.com

Merdeka.com - Bagi kebanyakan pengusaha online shop, selain modal dan keunikan produk yang ditawarkan, pelanggan adalah faktor penting untuk kelangsungan usaha. Selama bisa membina hubungan baik dengan konsumen, usaha yang ditekuni diyakini bisa berjalan lancar.

"Pelanggan itu karakternya memang bermacam-macam. Tetapi, di situ letak keunikannya. Setiap hari bertemu dengan orang-orang yang berbeda. Kami di KadoUltahUnik ini berusaha have fun saja," jelas Mufti Efendi, sang owner.

Ia menambahkan, komplain memang hampir selalu ada. Tetapi, semua kembali bagaimana kita melihatnya. Ia bersama tiga rekan lainnya selalu berusaha meminimalkan risiko sekecil mungkin.

"Kebanyakan meminta penggantian kerusakan barang. Kami lalu memberikan dua tawaran, retur barang atau uang kembali. Kami sengaja menawarkan uang diganti agar masalah cepat selesai dan tidak berlarut-larut," lanjut pria 28 tahun ini.

Memang, kepentingan konsumen menjadi prioritas tersendiri buat Mufti dan staf. Terutama, bagi mereka yang sudah menjadi langganan tetap, akan disediakan jalur khusus untuk order. Mufti Efendi (paling kanan) dan staf Mengenai bisnis yang ditekuninya ini, diceritakannya, setelah lulus kuliah, ia sempat kebingungan karena belum mendapatkan pekerjaan. Mufti sempat berjualan pulsa, lalu berpindah ke bisnis periklanan online selama 2-3 tahun, juga berjualan di ebay dan Amazon. Akhirnya ia melihat peluang bisnis online shop yang memang sedang marak di Indonesia. Mufti pun tertarik untuk menggelutinya.

Barang-barang unik dan lucu dijadikan produk pilihan untuk dipasarkan. Selain itu, kelebihan lainnya adalah soal harga.

"Selain pelayanan yang baik, mungkin kelebihan kami ada di harga. Karena, supplier kami adalah importir langsung dan jalur distribusinya juga cepat, jadi harganya lebih murah. Kami juga bukan dropship, tetapi ready stock di toko, dan pemesanan barang bisa dilakukan melalui berbagai macam media," ujarnya.

Selama kurang lebih dua tahun, online shop yang dijalankan Mufti sudah bisa merangkul banyak pelanggan. Semua tersebar dari seluruh Indonesia, dengan pelanggan terbanyak melingkupi wilayah Jabodetabek. Omzet yang didapatkannya pun terbilang lumayan.

"Dalam seminggu, omzet kotor yang kami peroleh memang terbilang lumayan. Tetapi, keuntungan yang didapat nantinya diputar lagi menjadi modal untuk menambah produk. Karena, modal awalnya sih lumayan kecil, cuma Rp2 juta," imbuhnya, sambil tersenyum.

Untuk target terdekat, Mufti mengaku tak ada target muluk-muluk. Ia hanya ingin menambah jaringan reseller.

"Untuk sementara, kami cuma ingin menambah jaringan reseller. Menyediakan website gratis untuk tiap-tiap reseller. Itu saja, sih," tutup [pnc]

Topik berita Terkait:
  1. Online Shop
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini