Sekolah di Indiana Jalankan Program Daur Ulang Kreatif ini Buat Siswa Tak Mampu

Kamis, 11 April 2019 12:00 Reporter : Tantri Setyorini
Sekolah di Indiana Jalankan Program Daur Ulang Kreatif ini Buat Siswa Tak Mampu Cultivate Culinary Food Rescue. ©2019 Cultivate Culinary Food Rescue

Merdeka.com - Lebih dari sepertiga makanan yang diproduksi Amerika Serikat berakhir di tempat sampah. Ini berarti sekitar 50 juta ton bahan pangan terbuang setiap tahun. Fakta ini dihadapkan kepada statistik yang menyatakan satu dari tujuh warga Amerika Serikat masih belum tercukupi kebutuhan pangannya. Karena itu sebuah sekolah di Indiana mengadakan program penyaluran sisa makanan kantin untuk murid-murid yang membutuhkan.

Seperti dilansir Bored Panda, Elkhart Community Schools bekerjasama dengan Cultivate untuk mendistribusikan makanan yang tersisa di kantin sekolah kepada anak-anak yang mungkin tidak memiliki cukup makanan di rumah.

Cultivate Culinary Food Rescue 2019 Cultivate Culinary Food Rescue


Cultivate adalah organisasi nirlaba yang beroperasi di Indiana Utara. Fokusnya menyelamatkan makanan sisa yang belum dimakan dan menyediakannya bagi mereka yang membutuhkan.

Sisa makan siang dikemas kembali untuk kemudian diberikan kepada siswa yang tidak memiliki cukup makanan di rumah pada malam hari dan akhir pekan. Para siswa diberikan sarapan dan makan siang di sekolah, tetapi program ini memastikan bahwa anak-anak juga masih mendapatkan makanan bergizi di rumah mereka.

Cultivate Culinary Food Rescue 2019 Cultivate Culinary Food Rescue


Program ini dijalankan setiap hari Jumat dan akan terus dilakukan sampai akhir tahun ajaran. Jim Conklin dari Cultivate mengatakan, "Menyiapkan makanan yang berlebih hanyalah bagian kecil. Kami mengambil makanan yang disiapkan dengan baik, menggabungkannya dengan makanan lain dan membuat makanan beku satu per satu."

Cultivate Culinary Food Rescue 2019 Cultivate Culinary Food Rescue


Biasanya Cultivate mengambil makanan yang belum tak sempat disajikan dari perusahaan katering dan bisnis makanan besar. Tetapi kali ini mereka melakukannya di sekolah dan berharap program ini akan menyebar ke sekolah lain juga.

Lebih jauh, Cultivate berharap program ini juga bisa mengedukasi anggota masyarakat tentang pengolahan limbah makanan. [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Makanan Sehat
  2. Ide Kreatif
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini