Sejarah Roti Gambang, Tiruan Sarapan Orang Belanda hingga Jadi Kuliner Kekinian

Jumat, 8 Oktober 2021 10:50 Reporter : Wuri
Sejarah Roti Gambang, Tiruan Sarapan Orang Belanda hingga Jadi Kuliner Kekinian Sejarah Roti Gambang, Tiruan Sarapan Orang Belanda hingga Jadi Kuliner Kekinian. ©Shutterstock

Merdeka.com - Buat pecinta kue khas tanah air, mungkin sudah nggak asing lagi dengan yang namanya roti gambang. Meraih puncak popularitasnya saat masuk 50 roti terbaik di dunia versi CNN di tahun 2019, banyak tangan kreatif yang kemudian menciptakan inovasi roti gambang dari segi varian rasa. Kamu termasuk salah satu penggemar roti yang satu ini juga?

Biarpun sekarang jadi salah satu makanan kekinian yang banyak disukai, tapi kuliner yang satu ini sebenarnya tergolong kue jadul yang sudah muncul sejak zaman Belanda. Gali sejarahnya lebih jauh yuk!

Berasal dari Betawi dan Semarang

sejarah roti gambang tiruan sarapan orang belanda hingga jadi kuliner kekinian
©Shutterstock

Roti gambang sebenarnya sudah ada sejak zaman kolonial. Menurut cerita, ada sebuah perusahaan roti di Batavia yang dibuat oleh orang Belanda. Ia kemudian memilih bentuk roti yang mirip dengan bilah-bilah alat musik gambang kromong asal Betawi. Inilah awal yang membuat makanan tersebut disebut sebagai roti gambang.

Kemudian, roti gambang juga berkembang di Semarang yang juga dikenal dengan nama roti ganjel rel. Hal ini disebabkan bentuk dan tekstur roti yang tebal seperti rel sehingga familiar dengan sebutan tersebut.

Tiruan Sarapan Orang Belanda

sejarah roti gambang tiruan sarapan orang belanda hingga jadi kuliner kekinian
©Shutterstock

Orang Belanda yang tinggal di Indonesia memang sering makan roti sebagai menu sarapan. Orang Indonesia kemudian berusaha membuat roti yang serupa, tapi dengan bahan-bahan yang lebih murah. Misalnya saja tepung terigu yang diganti dengan tepung gaplek sebagai salah satu kunci modifikasi yang lebih murah.

Roti gambang dibuat sedemikian rupa dengan resep khas Indonesia. Misalnya dengan menggunakan berbagai rempah khas tanah air seperti kapulaga, manis jangan, dan berbagai rempah lainnya yang kemudian dicampur dengan gula, tepung, dan telur. Tekstur roti gambang yang padat membuat makanan ini cocok menjadi menu sarapan karena sifatnya yang mengenyangkan.

Inovasi yang Menjadikan Makanan Kekinian

Meskipun termasuk roti legendaris di tanah air, tapi roti gambang nggak lantas menghilang tergerus zaman. Justru sekarang banyak tangan-tangan kreatif yang menciptakan berbagai varian baru roti gambang yang membuatnya jadi makanan kekinian.

Inovasi roti gambang ini juga bisa kamu temukan di ManisdanSedap.com, lho. Platform ini merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. ManisdanSedap.com hadir untuk membantu para pecinta kuliner melakukan pre order berbagai makanan favorit mereka dari kota-kota lain yang ada di Indonesia.

ManisdanSedap.com juga membantu para UMKM di bidang kuliner sebagai ‘etalase’ online produk jualan mereka. Jadi, membantu promosi usaha UMKM agar lebih luas. Untuk melakukan pemesanan di ManisdanSedap.com juga mudah banget. Ada tombol pembelian yang bisa diklik dengan mudah dan terhubung langsung dengan nomor WhatsApp seller. Transaksi dilakukan di luar platform sehingga lebih praktis dan bebas ribet.

Mau tahu rekomendasi roti gambang yang bisa dinikmati di ManisdanSedap.com? Intip pilihan terbaiknya, yuk!

1. Roti Gambang by Bumbu Lili di Depok

sejarah roti gambang tiruan sarapan orang belanda hingga jadi kuliner kekinian
©Bumbu Lili

2. Roti Gambang Kopi by Dapur Cici Mesem di Bandung

sejarah roti gambang tiruan sarapan orang belanda hingga jadi kuliner kekinian
©Dapur Cici Mesem

3. Roti Gambang Cokelat by Dapur Cici Mesem di Bandung

sejarah roti gambang tiruan sarapan orang belanda hingga jadi kuliner kekinian
©Dapur Cici Mesem

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

[wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Manis Dan Sedap
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini