Segala hal yang perlu kamu tahu tentang water-based skincare

Rabu, 4 Juli 2018 16:02 Reporter : Tantri Setyorini
Water based skincare. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Air merupakan komponen penting bagi tubuh manusia. Organ tubuh, sel, rambut, bahkan kulit kita membutuhkan asupan air dalam jumlah yang memadai agar bisa berfungsi dengan baik.

Begitu juga dengan kulit yang senantiasa membutuhkan kelembapan agar terjaga kekenyalannya. Konsumsi cairan dalam jumlah mencukupi memang bisa mengatasi masalah dehidrasi kulit dengan baik. Tetapi tak ada salahnya juga kalau kamu ingin memberikan asupan cairan bagi kulit lewat produk kecantikan.

Sekarang sudah banyak produk-produk perawatan kulit water-based atau berbasis air. Apa saja yang perlu kita ketahui tentang generasi baru dalam perawatan kecantikan ini? Berikut ini beberapa uraian yang perlu disimak dari SheKnows.

Air sebagai media atau formula utama

Produk perawatan kulit berbasis air berarti produk tersebut menggunakan air sebagai media mengantarkan bahan atau formula di dalamnya.

Produk perawatan kulit ini mungkin juga mengandung sedikit minyak, namun kaya akan bahan-bahan yang menghidrasi, seperti hyaluronic acid dan gliserin.

Formula lebih ringan dan cepat meresap

Vaseline Water-Based Whitening Serum The Beauty Bee


Produk perawatan kulit berbasis air cenderung ringan dan seperti gel. Ketika digunakan, produk tersebut akan meresap cepat ke dalam kulit.

Cocok untuk kulit berminyak

Air adalah pelembap terbaik bagi kulit, terutama jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, karena tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Kemampuan penetrasi ke dalam lapisan kulit rendah...

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah produk perawatan kulit berbasis air tidak berarti produk ini akan menembus lebih dalam ke dalam lapisan kulit. Perlu diingat, penetrasi pada kulit bergantung pada sejumlah faktor berbeda.

...tetapi diimbangi kemampuan mendistribusikan lebih banyak bahan aktif

LANEIGE Water Sleeping Mask Korindo Beauty House


Produk berbasis air cenderung menggunakan polimer modern untuk menghasilkan konsistensi seperti jeli, memungkinkan produk tersebut menampung lebih banyak air, daripada yang biasanya kita temukan dalam produk krim atau lotion.

Dengan kata lain, presentase tinggi air dalam sebuah produk digunakan untuk mendistribusikan lebih banyak bahan aktif. Salah satu cara mudah untuk menemukan produk perawatan kulit berbasis air adalah melalui teksturnya.

Sebelum memilih satu produk kecantikan water-based, ada baiknya jika kamu memeriksa apakah terdapat hyaluronic acid di dalamnya. Bahan aktif ini biasanya ditemukan di dalam produk-produk water-based dan termasuk salah satu humektan paling kuat dalam menampung air. Semakin tinggi konsentrasinya, tentu kemampuannya dalam melembapkan kulit juga semakin baik.

Reporter: Annissa Wulan
Sumber: Liputan6.com [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini