Sarang bambu di Frankfurt ini ternyata buatan seniman Indonesia

Jumat, 16 Oktober 2015 16:15 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sarang bambu di Frankfurt ini ternyata buatan seniman Indonesia Pohon besar Joko Avianto. ©designboom.com

Merdeka.com - Bambu telah lama dikenal sebagai masyarakat Indonesia sebagai bahan dasar untuk berbagai macam hal seperti rumah, furnitur, dan berbagai pemanfaatan lainnya. Dapat dikatakan bahwa bambu merupakan salah satu simbol dari budaya Indonesia. Seorang seniman dari Indonesia mencoba menunjukkan ini pada karyanya yang ditampilkan di Frankfurt.

Seniman yang bernama Joko Avianto ini membuat struktur bambu raksasa di depan sebuah museum seni di Frankfurt, Jerman. Avianto membuat Struktur bambu ini terlihat melengkung dan berombak bagai sarang burung hanya saja dalam ukuran yang raksasa. Dilansir dari Design Boom, pemasangan struktur raksasa yang terbuat dari bahan natural ini seakan menjadi pintu masuk untuk mengenalkan seni dan budaya Indonesia yang menampilkan keselarasan antara budaya dengan alam.

pohon besar joko avianto

Photo Credit: Design Boom

Karya ini dibuat dalam waktu tiga minggu dan membutuhkan lebih dari 1.500 batang bambu. Penggunaan batang bambu ini digunakan untuk menunjukkan budaya tradisional Indonesia yang menggunakan bambu sebagai materi utama dari bangunan. Selain itu hal ini juga menunjukkan kritik dari Avianto mengenai seni dan kearifan lokal yang sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat.

Karya yang bernama Pohon Besar ini dipamerkan Joko pada pameran khusus yang digelar oleh Frankfurter Kunstverein mengenai seni kontemporer Indonesia. Pameran ini berjudul Roots dan menampilkan beberapa seniman kontemporer seperti Joko Avianto, Jompet Kuswidananto, Eko Nugroho dan beberapa seniman lainnya. Gelaran seni ini juga sekaligus berhubungan dengan Indonesia yang akan menjadi Guest of Honour di gelaran Frankfurt Book Fair 2015 ini. Pameran bertajuk Roots ini digelar mulai 26 september 2015 dan selesai pada tanggal 10 januari 2016. [RWP]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Karya Seni
  3. Seniman Indonesia
  4. Malang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini