Saking kotornya, danau ini tampak seperti lukisan cat minyak

Jumat, 27 Juni 2014 19:31 Reporter : Tantri Setyorini
Saking kotornya, danau ini tampak seperti lukisan cat minyak Pencemaran danau di danau Provinsi Anhui, China. ©2014 Merdeka.com/Rocketnews24

Merdeka.com - Coba perhatikan warna danau ini. Tampak cantik seperti lukisan cat minyak karya maestro dunia, bukan? Warna danau ini bukan hasil rekayasa foto. Memang seperti itulah keadaan danau itu di kehidupan nyata. Danau ini terletak di Provinsi Anhui, China. Bagaimana bisa air danau tersebut tampak seperti itu?

Paduan warna hijau, biru, dan krem di permukaan sungai tersebut jika dipegang dengan tangan sebenarnya adalah semacam cairan lendir. Cairan lendir yang mengambang di permukaan danau itu sebenarnya ganggang. Ganggang tersebut terkontaminasi limbah pupuk kimia sintetis yang mengaliri danau dalam jumlah besar sehingga berubah warna sedemikian rupa. Meskipun tampak cantik, jika bersentuhan dengan manusia bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Menurut Rocketnews24, danau yang saat ini tak diketahui namanya ini merupakan satu di antara sekian banyak sungai dan danau di China yang mengalami pencemaran parah. Seperti sudah diketahui, pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat telah membawa kemakmuran bagi negara itu. Tetapi kemajuan tersebut juga diiringi masalah pencemaran lingkungan seperti polusi udara dan pencemaran air yang semakin parah dari hari ke hari. Pemerintah China dilaporkan telah menghabiskan 7.400.000.000 yuan atau sekitar 77.000.000 dolar AS untuk memulihkan kondisi danau yang ditampilkan di foto tersebut.

di danau provinsi anhui china

di danau provinsi anhui china

Photo by Rocketnews24

Ketika foto tersebut beredar di internet, banyak pengguna internet yang berkomentar kalau gambar danau di foto tersebut tampak seperti lukisan Pierre-Auguste Renoir, seorang maestro dunia yang dikenal karena karya lukis dari cat minyaknya atau seperti lukisan Vincent Van Gogh. Tetapi banyak juga yang menyayangkan kerusakan danau tersebut. [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Travel
  3. China
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini