Saat Toilet Adolf Hitler Dilelang Seharga Rp254 Juta, Apa Kelebihannya?

Selasa, 23 Februari 2021 21:02 Reporter : Tantri Setyorini
Saat Toilet Adolf Hitler Dilelang Seharga Rp254 Juta, Apa Kelebihannya? Adolf Hitler. ©telegraph.co.uk

Merdeka.com - Biasanya perhiasan dan karya seni bernilai sejarah ditawarkan kepada kolektor melalui lelang. Misalnya lukisan karya maestro berusia seabad lebih, permata langka, atau benda pusaka peninggalan kerajaan yang sudah lama hilang. Tak hanya itu, artifak sejarah juga ditawarkan di lelang. Cerita di balik benda sederhana seperti perangko, pemantik api, atau selembar gaun saja bisa membuat nilainya mencapai jutaan dolar. Apalagi jika barang tersebut berkaitan dengan tokoh sejarah terkenal.

Seperti yang terjadi baru-baru ini. Sebuah dudukan toilet berwarna putih ini sudah terdaftar untuk dilelang oleh Alexander Historical Auctions. Rencananya, benda itu akan dilelang pada pekan ini dengan perkiraan harga jual akhir sekitar 15.000 Euro atau sekitar Rp254 juta. Keistimewaannya, benda tersebut adalah milik Adolf Hitler. Hitler adalah mantan pemimpin partai Nazi dan fuhrer Jerman yang memegang peranan penting dalam sejarah Perang Dunia II.

Diambil dari Markas Kedua Hitler

Dilansir dari laman The Sun (9/2/2021), dudukan toilet milik Hitler ini awalnya dirampas oleh seorang tentara Amerika Serikat (AS) dari kamar mandi pribadi sang diktator di rumah peristirahatan sekaligus 'kantor pemerintahan' keduanya di Berghof, Pegunungan Alpen, Jerman. Tentara AS itu adalah Sersan Ragnvald Borch.

Borch menjarah dudukan toilet setelah perwira senior menyuruh pasukan untuk mengambil apapun dari properti Adolf Hitler. Borch merupakan salah satu tentara AS pertama yang ditugaskan di lokasi itu karena fasih berbahasa Jerman dan Prancis. Dia dikirim untuk bekerja sama dengan Brigade Lapis Baja ke-2 Prancis.

Properti rumah milik Hitler itu dijarah setelah rusak parah akibat pemboman tentara sekutu menjelang akhir Perang Dunia II. Salah satu benda yang dia ambil adalah dudukan toilet kayu dari kamar mandi Hitler.

Menurut Borch, dia mengambil benda tersebut untuk kenang-kenangan. Hitler meninggal dunia pada 1945, tak lama setelah Perang Dunia II berakhir. "Menurut Anda di mana Hitler meletakkan bokongnya," ucapnya.

Baca Selanjutnya: Salah Satu Peninggalan Perang Dunia...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Koleksi
  3. Sejarah
  4. Adolf Hitler
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini