Resep shampo dengan pH seimbang untuk atasi ketombe

Jumat, 6 Juni 2014 13:03 Reporter : Tantri Setyorini
Resep shampo dengan pH seimbang untuk atasi ketombe Ilustrasi rambut berketombe. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Lars Zahner

Merdeka.com - Menurut Wikipedia, pH adalah ukuran tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. Skala derajat keasaman memiliki rentang dari angka 0 sampai 14. Larutan dengan pH 0 sampai 7 berarti bersifat asam, pH 7 natural, dan jika pH suatu larutan memiliki derajat keasaman antara 7 sampai 14 berarti sifatnya basa. Segala hal di sekitar kita memiliki derajat keasaman masing-masing. Begitu juga dengan tubuh kita. kulit dan rambut kita memiliki pH yang berbeda-beda.

Seperti ditulis LiveStrong, rambut dan kulit kepala memiliki pH alami antara 4,5 sampai 5,5. Dengan pH yang cenderung asam, rambut dan kulit kepala kita jadi terhindar dari jamur serta bakteri. Tetapi seringkali kita menggunakan produk perawatan rambut yang pH-nya tidak sesuai dengan pH alami rambut dan kulit kepala. Kebanyakan produk perawatan rambut yang beredar di pasaran memiliki pH di atas 7, dan ini mengakibatkan kulit kepala jadi berketombe. Untuk itu rambut dan kulit kepala perlu dikembalikan ke kondisi pH semula.

Agar pH kulit kepala kembali seimbang Anda bisa mencoba menetralisir kandungan alkali yang ditinggalkan produk-produk perawatan berbasis bahan kimi di kulit kepala Anda dengan bahan-bahan berikut.

lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya adalah tanaman yang sudah sering digunakan untuk merawat rambut. Tumbuhan yang menghasilkan getah kental serupa lendir ini memiliki pH alami antara 3 sampai 6, karena itu cocok untuk mengatasi ketombe. Untuk Anda yang mengalami masalah ketombe, tinggal usapkan cairan lidah buaya ke kulit keapala. Usap dengan lembut selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

Cuka apel

Karena derajat keasamannya yang tinggi, antara 3 sampai 4, cuka apel bisa mengembalikan pH alami rambut dan kulit kepala. Sama seperti penggunaan oloe vera, Anda tinggal meneteskan cuka apel di kulit kepala dan mengusap-usapnya sebelum dibilas.

Harap diingat, sebelum memakai kedua bahan di atas untuk merawat kulit kepala, pastikan tidak ada luka atau peradangan di kulit kepala, agar nantinya tidak terjadi infeksi.

Setelah pH kulit kepala sudah seimbang kembali, Anda perlu meninggalkan produk perawatan shampo berbahan kimia yang Anda pakai selama ini. Anda bisa menggunakan resep shampo dengan pH seimbang dari bahan-bahan alami berikut sebagai alternatif. Berikut ini resepnya yang kami kutip dari Thank Your Body.

Lemon dan ketimun

Anda juga bisa memanfaatkan campuran dari parutan ketimun dan perasan jeruk lemon untuk kulit kepala.

Bahan:

-1 1/2 cangkir santan segar

-1 1/2 cangkir getah lidah buaya

-minyak esensial

-nampan es batu

Cara membuat:

-Siapkan wadah dan kocok semua bahan hingga merata.

-Tuang campuran tadi ke dalam nampan yang biasa Anda pakai untuk membuat es batu. Simpan di dalam freezer hingga membeku.

-Lepaskan campuran santan dan lidah buaya yang sudah membeku tadi dari cetakan. Tempatkan di kantong atau wadah tersendiri dan simpan di lemari es (tak perlu disimpan di freezer). Shampo alami ini bisa bertahan di lemari es sampai seminggu.

Jika Anda ingin mencuci rambut, ambil satu balok lidah buaya dan santan tadi lalu biarkan mencair. Kemudian pakailah untuk keramas seperti biasa. Menurut testimoni pembuat resep, shampo ini baru akan menampakkan hasil yang signifikan setelah beberapa kali pemakaian. Pada pemakaian pertama kemungkinan rambut akan jadi lebih kering. Tetapi setelah beberapa kali pemakaian rambut dan kulit kepala akan kembali sehat.

Itulah pentingnya pH seimbang untuk mengatasi ketombe berikut resep-resep alami untuk mengatasi masalah ketombe Anda. Selamat mencoba. [tsr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini