Punya Tampilan Mirip, Ini Perbedaan Es Krim, Gelato, dan Sorbet

Minggu, 21 Maret 2021 20:40 Reporter : Tantri Setyorini
Punya Tampilan Mirip, Ini Perbedaan Es Krim, Gelato, dan Sorbet Ilustrasi sorbet. ©Pixabay

Merdeka.com - Es krim, gelato, dan sorbet, apa bedanya? Ketiga hidangan penutup dingin ini memang punya tampilan yang mirip. Bagi sebagian orang mungkin sebutannya sama, es krim. Tetapi sebenarnya es krim, gelato, dan sorbet punya banyak perbedaan.

Apa yang membedakan es krim, gelato, dan sorbet? Berikut ini penjelasannya.

Es Krim

ilustrasi es krim mangga
©Shuttterstock

Jika dilihat dari cara mengolahnya, es krim merupakan makanan semi-padat yang dibuat dengan membekukan campuran susu, lemak hewani atau nabati, gula, dan bahan lainnya (seperti perasa buah).

Umumnya, es krim terbuat dari 10-16 persen lemak susu (milk fat), 9-12 perse padatan susu bukan lemak (milk solids-non-fat,MSNF), 12-16 persen pemanis, 0,2-0,5 persen penstabil (stabilizer) dan pengemulsi (emulsifier), serta 55-64 persen air.

Bahan-bahan tersebut kemudian dikocok hingga mengembang. Proses pengocokan terebut menyebabkan setengah dari es krim yang telah dibekukan mengandung gelembung udara. Proses pembekuannya yang mencapai minus 18-20 derajat Celcius menyebabkan es krim mudah cair pada suhu normal. Keunggulannya, meskipun disimpan dalam waktu yang lama tak akan mengubah cita rasa.

2 dari 3 halaman

Gelato

Gelato berasal dari bahasa Italia yang berarti es krim. Gelato merupakan sejenis makanan penutup bagi masyarakat Italia. Secara tradisional, gelato dibuat dengan susu tanpa menambahkan krim. Selain susu, pembuatan gelato juga menggunakan air, gula, dan buah segar.

ilustrasi gelato
Pixabay

Karena susu tak mengembang dengan baik seperti krim, gelembung udara dalam gelato relatif sedikit. Hal ini pulalah yang menyebabkan tekstur gelato lebih padat dan mulus dibanding es krim.

Penggunaan bahan yang segar pun membuat gelato hanya mampu bertahan dalam hitungan hari. Keunggulannya, saat disantap gelato tak mudah meleleh, karena proses pembekuan gelato hanya membutuhkan suhu minus 10-15 derajat celsius.

3 dari 3 halaman

Sorbet

Perbedaan utama sorbet dari es krim maupun gelato terletak pada bahannya yang tak menggunakan krim maupun susu. Sederhananya, sorbet merupakan es krim atau gelato yang tak menggunakan susu.

ilustrasi sorbet
Pixabay

Sorbet hanya menggunakan buah dan air sebagai bahan utamanya. Sorbet dengan kandungan buah yang lebih banyak dibandingkan air akan menghasilkan tekstur yang lembut, meskipun tak selembut es krim dan gelato.

Jadi, sekarang sudah paham perbedaan es krim, gelato, dan sorbet?

Reporter: Siti Rutmawati [tsr]

Baca juga:
Es Krim Rasa Marmut, Jajanan Unik yang Tengah Digemari Warga Ekuador
Perusahaan Daging Olahan Luncurkan Es Krim Rasa Hot Dog Pertama di Dunia
Es Krim Topping Gurih dan 4 Camilan di Jakarta Lainnya yang Wajib Dicoba
Mencicip Kelezatan Es Krim Premium, Cocok Jadi Mood Booster

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini