Pola makan tepat untuk merawat rambut sehat

Minggu, 24 April 2016 05:00 Reporter : Dwi Ariyani
Pola makan tepat untuk merawat rambut sehat Pola makan tepat untuk merawat rambut sehat. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Sudah mencoba berbagai cara perawatan rambut, tapi tetap mengalami rambut rontok parah? Mungkin kesalahan bukan pada shampo maupun kondisioner yang digunakan, tapi gaya hidup sehari-hari. Mulai dari pola makan yang sembarangan, polusi, hingga paparan sinar matahari yang terlalu sering mengenai rambut.

Jika ingin memiliki gaya rambut panjang nan cantik, seperti yang dipamerkan para selebritis Hollywood di red carpet, maka ini saat yang tepat untuk memulai diet yang tepat. Simak deh beberapa bahan makanan atau minuman yang wajib dikonsumsi, sebagai cara alami menumbuhkan rambut.

1. ikan

Rambut terbuat dari keratin, yang merupakan salah satu bentuk lain dari protein. Sebagai salah satu cara alami menumbuhkan rambut, mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan protein, seperti ikan, adalah sebuah kewajiban. Tidak hanya itu, ikan seperti salmon, mackerel, tuna, dan sarden sangat kaya akan asam lemak omega-3 yang membuat rambut selalu lembap dan halus.

2. kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Tidak menyukai ikan? Dapatkan asam lemak omega-3 dari kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang almond, walnut, hazelnut, kacang mete, biji labu, biji bunga matahari, dan yang paling penting flaxseeds. Kenari juga merupakan sumber vitamin E dan biotin yang bertindak sebagai pelindung rambut dari sinar matahari, sekaligus mengurangi rambut rontok parah.

3. Sayuran Berdaun Hijau

Ada banyak pilihan sayuran berdaun hijau yang bisa dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari, mulai dari bayam, kangkung, hingga sawi. Selain tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik bagi kesehatan, kandungannya yang akan zat besi, sebagai cara perawatan rambut alami yang mencegahnya mudah rapuh dan patah. Olah sebagai sup, salad, tumisan, atau campurkan dalam smoothie favoritmu.

4. Wortel

Tidak hanya bermanfaat untuk mata, wortel dapat memberikan keajaiban juga bagi rambut. Wortel kaya akan beta-karoten yang berubah menjadi vitamin A bila tertelan. Tidak terpenuhinya kebutuhan vitamin A dalam sehari dapat menyebabkan kulit kepala mengering dan menjadi penyebab ketombe. Pilihan lain dari buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A adalah ubi jalar, ubi, labu, mangga, dan aprikot.

5. Telur

Selain tinggi protein, telur merupakan sumber yang kaya mineral seng, belerang, zat besi, dan selenium. Jika mengalami kekurangan dari setiap elemen ini, akan menyebabkan kulit kepala kering dan rambut rontok parah. Tambahkan juga daging tanpa lemak, unggas, dan tiram, sebagai alternatif telur ke dalam menu makananmu.

6. Yogurt

Kaya akan vitamin B5 dan kalsium, yogurt membantu merawat rambut dengan meningkatkan kesehatan folikel rambut. Jika dikonsumsi secara rutin dapat menjadi cara alami menumbuhkan rambut. Gunakan sebagai masker rambut alami atau dikonsumsi langsung untuk menjaga kesehatan rambut.

7. Berries

Strawberry, raspberry dan terutama blueberry, merangsang kelancaran peredarahan darah di kulit kepala. Tidak hanya mengatasi rambut rontok, tapi juga membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Tambahkan ke dalam menu harian dalam bentuk jus, salad, atau dikonsumsi langsung. Jika kamu bukan pecinta buah, ganti dengan tomat yang memiliki kandungan yang kurang lebih sama.

8. Prune

Dikenal sebagai sumber yang sangat kaya zat besi, plum yang dikeringkan dapat menjadi cara perawatan rambut kering, mengalami penipisan rambut, atau beruban. Jika sulit ditemui, kamu bisa mempertimbangkan menggantinya dengan umbi bit yang memiliki kandungan hampir sama.

9. Udang

Jika dianjurkan untuk menghindari daging merah karena kandungan kalorinnya yang tinggi, beralihlah ke udang. Tidak hanya kaya protein, salah satu seafood ini juga tinggi kadar vitamin B12, seng, dan besi yang dapat mencegah kerusakan rambut, seperti kering dan rambut rontok parah.

10. Air

Minum cukup air untuk menjaga kesehatan kulit, sekaligus sebagai cara perawatan rambut agar tetap lembap sepanjang hari. Biasakan meminum 6-8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Menjaga kesehatan rambut tidak hanya dari luar saja lho. Dibutuhkan sumber nutrisi yang cukup sebagai cara perawatan rambut, agar didapatkan rambut panjang, sehat, dan berkilau alami yang diidam-idamkan. [aik]

Topik berita Terkait:
  1. Cara Merawat Rambut
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini