Pesona Tebing Kapur Stone Garden Geopark nan Instagramable

Rabu, 8 Januari 2020 10:53 Reporter : Tantri Setyorini
Pesona Tebing Kapur Stone Garden Geopark nan Instagramable Stone Garden Geopark. ©Instagram.com/denissifa

Merdeka.com - Kota Bandung memang punya banyak tempat wisata Instagramable. Baik yang berada di tengah kota atau yang berlokasi di perbukitan. Bicara soal wisata alam Instagramable, Stone Garden Geropark termasuk salah satunya.

Stone Garden Geopark terletak di antara lokasi penambangan kapur. Hamparan bebatuan ini telah ditemukan tim peneliti Kelompok Riset Cekungan Bandung dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2000.

Namun, area tersebut baru ditetapkan sebagai destinasi wisata oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bandung Barat pada 2015. Sejak diresmikan, wisata seluas dua hektare tersebut ramai dikunjungi para wisatawan untuk hunting foto.

1 dari 4 halaman

Spot untuk Mencari Sunrise dan Sunset

stone garden geopark

Instagram.com/rbihsan

Wisata ini cocok dikunjungi saat pagi atau sore hari. "Tempatnya overall enak buat hunting foto nyari sunset, buat ngabuburit juga cocok," ujar pengunjung Stone Garden, Alfino Tubagus Mukti Nugraha lewat pesan pada Liputan6.com (3/3/2020).

Tidak hanya sebagai wisata selfie, Anda pun bisa merehatkan pikiran dan tubuh di area terbuka ini, seperti salah satu pengunjung, Pungki Abi Ardiansyah. Lelaki asal Ponorogo tersebut sengaja singgah di Stone Garden untuk menyegarkan pikiran. "Saya memang gemar berwisata di alam terbuka," sambungnya juga lewan pesan.

2 dari 4 halaman

Dikelola Penduduk Setempat

stone garden geopark

Instagram.com/denissifa

Wisata yang menyuguhkan pemandangan hijau nan menyegarkan mata ini dikelola penduduk setempat dan di bawahi Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis). Meskipun menyajikan pemandangan memukau, dengan lanskap terdiri dari bebatuan tidak rata, Anda bisa tergelincir jika tidak berhati-hati. Saat berkunjung ke sini, disarankan untuk mengenakan sepatu gunung yang memiliki permukaan tidak rata di bagian bawah.

3 dari 4 halaman

Panorama Bandung dari Ketinggian

stone garden geopark

Instagram.com/tjhinnisen

Selain menyajikan taman bebatuan kapur, di sekitar Stone Garden terdapat Gunung Masigit dan Gua Pawon. Dengan ketinggian mencapai 2.078 meter di atas permukaan laut, Anda bisa menyaksikan panorama Bandung dari tebing yang menjulang. Pengelola menyediakan hammock yang bisa digunakan untuk berfoto di atas tebing. Biaya sewanya sekitar Rp300 ribu.

4 dari 4 halaman

Gua Pawon Tempat Tinggal Dayang Sumbi

stone garden geopark

Instagram.com/kakaryani

Gua Pawon yang ada di kawasan Stone Garden Geopark merupakan salah satu situs peninggalan zaman purba. Konon, gua tersebut merupakan tempat tinggal perempuan dalam cerita Sangkuriang, Dayang Sumbi. Meski belum jelas kebenarannya, wisata geopark ini jadi salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Agar bisa memasuki area Stone Garden, penunjung harus mengeluarkan uang sekitar Rp15 ribu. Dengan harga tersebut, Anda bisa puas menikmati keindahan alam salah satu destinasi wisata di Bandung Barat.

Reporter: Putu Elmira/Tri Ayu Lutfiani
Sumber: Liputan6.com [tsr]

Baca juga:
Punclut, Spot Instagramable Baru di Puncak Ciumbuleuit Bandung
Berendam ala Onsen di Pemandian Air Panas Alami Kawah Rengganis
Bukit Jamur Rancabolang, Wisata Instagenik dengan Nuansa Beda di Ciwidey

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini