Perusahaan di Brooklyn Produksi Vodka Berbahan Udara dan Sinar Matahari

Senin, 25 November 2019 14:09 Reporter : Tantri Setyorini
Perusahaan di Brooklyn Produksi Vodka Berbahan Udara dan Sinar Matahari Vodka negatif karbon Air Co. ©2019 Air Co

Merdeka.com - Air Co., sebuah perusahaan startup yang berbasis di Brooklyn mengklaim kalau mereka telah menciptakan 'vodka negatif karbon' pertama di dunia. Menurut mereka, vodka tersebut dibuat dengan memproses karbon dioksida yang ditangkap dari udara dan menggunakan mesin bertenaga surya untuk mengubahnya menjadi etanol.

1 dari 3 halaman

Membersihkan Udara dalam Setiap Prosesnya

Menurut salah satu pendiri Air Co., Gregory Constantine seperti dilansir Oddity Central (14/11/2019), setiap botol vodka negatif karbon mengisap satu pon karbon dioksida dari udara dalam seluruh siklus hidupnya.

Tidak seperti vodka tradisional yang diolah lewat proses fermentasi biji-bijian atau kentang, vodka Air Co. hanya dibuat dengan air dan karbon dioksida. Proses produksinya justru membantu menyerap karbondioksida dari udara terbuka, sehingga relatif lebih ramah lingkungan pula.

2 dari 3 halaman

Terinspirasi Proses Fotosintesis Tumbuhan

 /></p>
<p style=2019 Air Co

Stafford Sheehan, pendiri Air Co. yang lain mengatakan kepada Fast Company bahwa proses yang digunakan untuk membuat vodka yang unik ini terinspirasi oleh fotosintesis di alam di mana tanaman menghirup CO2.

"Mereka mengambil air dan mereka menggunakan energi dalam bentuk sinar matahari untuk membuat gula dan membuat hidrokarbon bernilai tinggi lainnya, dengan oksigen sebagai produk sampingan tunggal. Ini sama dengan proses kami, satu-satunya produk sampingan yang ada adalah oksigen."

Setelah itu menurut Sheehan, airnya dihilangkan melalui proses penyulingan, sehingga hanya alkohol yang tertinggal sebagai produk akhir.

3 dari 3 halaman

Masih Dipasarkan secara Terbatas

Saat ini Air Co. baru memasarkan produknya secara terbatas. Vodka udara mereka hanya tersedia di beberapa bar dan restoran yang ada di New York City. Setiap botol dibanderol dengan harga $65 atau sekitar Rp900.000.

Bagi mereka, vodka negatif karbon ini hanya langkah awal bagi perusahaan untuk berkembang sebagai bisnis gaya hidup. [tsr]

Baca juga:
Melihat Pembuatan Bakso Unik Berbentuk Bidak Catur
Kepiting Termahal di Dunia Terjual 647 Juta Rupiah
Jenis-Jenis Kerang yang Populer Dikonsumsi di Indonesia

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini