Perhatikan lebih dekat, gambar ini tak seperti yang terlihat

Selasa, 7 Juli 2015 12:46 Reporter : Tantri Setyorini
Perhatikan lebih dekat, gambar ini tak seperti yang terlihat Gambar ilusi Perceptual Shift. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Jangan percaya pada kesan pertama yang ditangkap oleh mata kamu. Sebab gambar mata yang tersusun dari titik-titik hitam di atas bidang putih polos ini sama sekali tak seperti yang terlihat. Lihat lebih dekat dari sudut pandang yang berbeda dan kamu akan menemukan kebenarannya.

Benar sekali, gambar mata ini sebenarnya merupakan 1.252 bola hitam yang digantung dengan presisi sempurna hingga membentuk suatu pola jika dilihat dari depan.

Dilaporkan Bored Panda, gambar bola-bola ini diberi nama Perceptual Shift. Ini merupakan karya terbaru Michael Murphy, seorang seniman 3D. Kali ini ia mencoba menunjukkan keindahan ilusi yang tercipta dari gambar halftone 3D. Apa itu halftone 3D?

Halftone 3D adalah gambar tiga dimensi yang dibuat dari lingkaran-lingkaran hitam di atas kanvas putih. Gambar seperti ini akan membangkitkan persepsi yang berbeda jika dilihat dari sudut yang berlainan. Jika dilihat dari samping, misalnya, bola-bola ini akan tampak seperti digantung secara acak. Namun jika dilihat dari depan, ilusi optik berbentuk mata akan muncul. Keren, ya?

Photo by Michael Murphy via Bored Panda

Seniman satu ini ingin menangkap perhatian pemirsa dengan menghadirkan cara yang berbeda dalam memandang ruang dan gambar.

"Selama dua puluh tahun terakhir saya telah bermain-main dengan ilusi gambar dua dimensi dalam ruang tiga dimensi," pungkasnya seperti dilansir Bored Panda.

[tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Karya Seni
  2. Seniman Mancanegara
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini