Penelitian: Didikan Terlalu Keras Membuat Anak Rentan Jadi Pembohong

Selasa, 13 Juli 2021 04:01 Reporter : Tantri Setyorini
Penelitian: Didikan Terlalu Keras Membuat Anak Rentan Jadi Pembohong Ilustrasi memarahi anak. © Thetjblog.com

Merdeka.com - Setiap orangtua memang punya gaya parenting yang berbeda-beda. Namun, hati-hati agar Anda tidak sampai mendidik anak terlalu keras. Pasalnya, pola asuh seperti ini bisa menyuburkan kebiasaan tidak jujur pada anak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development tahun 2011 menemukan bahwa mendisiplinkan anak terlalu ketat dapat menyebabkan anak memiliki kebiasaan berbohong dan membuat mereka menjadi pribadi yang tidak jujur.

Penelitian ini dilakukan pada anak-anak yang berusia 3-4 tahun ini mencoba menganalisis apakah ketegasan orang tua memengaruhi kejujuran anak-anak. Peneliti Victoria Talwar dan Kang Lee melibatkan anak-anak berusia 3-4 tahun dari dua sekolah berbeda untuk berpartisipasi. Aturan kedisiplinan yang diberlakukan di dua sekolah tersebut juga berbeda, yang satunya keras dan satunya lunak.

Para orangtua juga ditanya apa yang akan mereka lakukan jika mengetahui anak berbohong. Kebanyakan orang tua mengindikasikan bahwa mereka akan menggunakan hukuman fisik ringan seperti menampar, mencubit, atau memukul pantat.

Anak-anak melalui serangakian uji kebohongan. Hasilnya, sekitar 80% anak-anak yang mengikuti tes ini mengintip mainan tersebut tapi hampir semua anak dari sekolah dengan aturan ketat ternyata berbohong. Tidak hanya itu, mereka juga berusaha menyembunyikan dan menutupi fakta bahwa mereka berbohong.

Perilaku tidak jujur pada anak-anak ini jelas dapat dipupuk sebagai akibat dari lingkungan kedisiplinan dan hukuman yang keras oleh orang dewasa. Secara alami anak akan takut dan berusaha 'menyelamatkan dirinya' dengan cara berbohong.

Reporter: Febi Anindya Kirana
Sumber: Fimela.com [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Parenting
  3. Ragam Konten
  4. Ibu Dan Anak
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini