Penelitian: Besar Gaji Ternyata Berpengaruh Terhadap Risiko Perceraian

Kamis, 15 Agustus 2019 15:00 Reporter : Tantri Setyorini
Penelitian: Besar Gaji Ternyata Berpengaruh Terhadap Risiko Perceraian ilustrasi pasangan bertengkar karena uang. © kiplinger.com

Merdeka.com - Masalah finansial memang termasuk perkara sensitif, apa lagi di dalam hubungan asmara. Bahkan setelah menikah pun uang bisa menjadi sumber konflik di antara suami dan istri.

Jika tidak dibicarakan berdua dengan baik, masalah keuangan bisa menyebabkan perceraian. Bahkan jumlah gaji pun bisa mendatangkan pertengkaran.

1 dari 3 halaman

Uang Sebagai Faktor Pemrediksi Perceraian

Sebuah penelitian tahun 2012 yang diterbitkan di dalam Family Relations Journal menemukan bahwa uang merupakan faktor prediksi perceraian yang kuat. Banyak orang mungkin berpikir bahwa semakin banyak uang yang dimiliki dalam pernikahan makan akan meningkatkan kebahagiaan. Sayangnya, penelitian membuktikan anggapan itu salah.

2 dari 3 halaman

Gaji Besar Lebih Besar Risiko Cerainya

Pasangan menikah dengan gaji besar ternyata lebih rentan bercerai. Risikonya lebih besar lagi jika salah satu pihak saja yang bekerja dan memiliki gaji besar. Ketimpangan kondisi keuangan di mana satu pihak menjadi penyokong dan pihak lain menjadi yang disokong menimbulkan ketimpangan. Ketimpangan yang rawan menimbulkan friksi di antara pasangan.

3 dari 3 halaman

Keseimbangan dan Gaji Cukup Lebih Baik

Akan lebih baik jika satu sama lain seimbang dan memiliki gaji yang cukup. Karena pada dasarnya gaji besar juga menuntut tanggung jawab besar dan kemungkinan juga akan menyedot waktu yang seharusnya bisa dihabiskan dengan pasangan di rumah.

Ketika salah satu pihak tak ada waktu untuk dihabiskan bersama pasangan karena sudah lelah menghadapi dengan pekerjaan, pernikahan akan lebih rentan renggang.

Jadi memang penting bagi Anda dan pasangan untuk menetapkan aturan terkait gaji yang disepakati bersama. Apa lagi jika posisi Anda di kantor mulai menanjak. Jangan sampai keutuhan rumah tangga terkalahkan oleh karir.

Reporter: Febi Anindya Kirana
Sumber: Fimela.com [tsr]

Baca juga:
Pemerintah India Akan Larang Perceraian Talak Tiga Bagi Muslim
Bantah Diceraikan Bekas Raja Malaysia, Eks Miss Moscow Unggah Foto Anak di Instagram
Mantan Raja Malaysia Dikabarkan Bercerai dengan Ratu Kecantikan Rusia
Selain Song Joong Ki, ini 4 Pasangan Artis Korea yang Cerai dalam Waktu Singkat
Menurut Pakar, Perceraian Orangtua Tak Harus Bikin Anak Tak Percaya Pernikahan

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini