Pemerintah Jepang Berencana Pasang Microchip pada Anjing dan Kucing, Buat Apa?

Jumat, 31 Juli 2020 21:45 Reporter : Tantri Setyorini
Pemerintah Jepang Berencana Pasang Microchip pada Anjing dan Kucing, Buat Apa? Ilustrasi anjing dan kucing. ©Pixabay/StockSnap

Merdeka.com - Kucing dan anjing adalah dua hewan karnivora yang sangat populer sebagai hewan peliharaan. Keduanya dikenal mudah akrab dengan manusia dan relatif mudah dipelihara, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Meskipun sering disebut sebagai sahabat manusia, kenyataannya sangat banyak anjing dan kucing peliharaan yang mengalami penyiksaan atau ditelantarkan. Karena itulah, pemerintah Jepang berusaha untuk membatasi pemeliharaan dua jenis hewan tersebut.

Selain itu, dalam undang-undang itu juga mewajibkan toko hewan peliharaan dan peternak untuk memasangkan microchip pada hewan peliharaan mereka pada Juni 2022. Hal itu untuk menghindari jumlah hewan yang berkeliaran. Jika hewan sampai hilang, penelusurannya pun bisa lebih mudah.

Pembatasan Jumlah Peliharaan

ilustrasi anjing dan kucing

©Pixabay/Free-Photos

Batasan jumlah anjing dan kucing yang dapat dipelihara oleh peternak dan toko hewan peliharaan untuk memastikan hewan tersebut dirawat dengan baik. Berdasarkan rencana tersebut, seorang peternak hanya dapat memelihara hingga 15 anjing atau 25 kucing, dikutip dari Kyodo News, Kamis, 23 Juli 2020.

Sementara itu, seorang karyawan toko hewan peliharaan dapat merawat 20 anjing atau 30 kucing. Perbedaan batas mencerminkan waktu ekstra yang harus disediakan peternak.

Kementerian Lingkungan Hidup Jepang juga mengusulkan tidak ada pembiakan di atas usia enam tahun di tengah kekhawatiran praktik pemaksaan hewan yang sudah tua untuk bereproduksi adalah tidak manusiawi.

Pengecualian akan dibuat untuk anjing yang telah melahirkan hingga lima kali, dan kucing sembilan kali, dalam hal ini batas usia berkembang biak adalah tujuh tahun.

Baca Selanjutnya: Peraturan Ketat untuk Pemeliharaan Hewan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Hewan Peliharaan
  3. Kucing Lucu
  4. Anjing
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini