3 Jurus Jitu yang Bikin Jago Berbahasa Inggris, Wajib Coba

Kamis, 29 September 2022 20:26 Reporter : Gloria Ary
3 Jurus Jitu yang Bikin Jago Berbahasa Inggris, Wajib Coba ©Shutterstock

Merdeka.com - Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Sebagai bahasa yang universal, bahasa ini sering kali digunakan dalam dunia pendidikan dan bahkan pekerjaan. Maka tak heran, banyak sekali yang berlomba-lomba agar bisa berbahasa Inggris, baik berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis.

Meskipun termasuk sebagai salah satu bahasa yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari, nyatanya masih banyak pula yang belum menguasai bahasa satu ini. Lantas bagaimana caranya agar bisa lancar berbahasa Inggris? Yuk, intip dulu beberapa jurus jitu berikut ini.

Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

pelajari 3 jurus jitu ini jika ingin cakap berbahasa inggris dijamin berhasil
©Shutterstock

Sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris bisa jadi kegiatan yang membantu dalam menguasai bahasa tersebut. Sambil mendengarkan lagu yang diputar, kamu bisa membuka browser untuk mencari lirik lagu yang sedang didengar. Jangan lupa juga untuk memahami setiap kalimat dan arti yang dimiliki.

Dengan melakukan ini setiap hari, kemampuan mendengar dan vocabulary dalam Bahasa Inggris bisa jadi semakin meningkat. Selain itu, dengan ikut bernyanyi lagu favorit, kamu juga bisa melatih pengucapan. Sehingga, nantinya bisa percaya diri saat hendak berbicara Bahasa Inggris di depan orang lain.

Menonton Video yang Disukai

pelajari 3 jurus jitu ini jika ingin cakap berbahasa inggris dijamin berhasil
©Shutterstock

Menjadikan video yang disukai sebagai sarana belajar Bahasa Inggris bisa menjadi hal yang patut untuk dicoba. Kamu dapat memulainya dengan mencari berbagai konten yang menarik untuk ditonton. Misalnya saja, tutorial memasak, video komedi, video podcast, dan lain sebagainya.

Menonton berbagai video ini dalam Bahasa Inggris, mampu membuat otak terbiasa dengan kata-kata dan cara pengucapan para native speaker. Selain itu, bisa juga melatih menerjemahkan kata-kata yang tersedia di subtitle agar lebih paham lagi mengenai bahasa tersebut. Mudah dilakukan, bukan?

Carilah Teman Berbicara

pelajari 3 jurus jitu ini jika ingin cakap berbahasa inggris dijamin berhasil
©Shutterstock

Meningkatkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris bisa dilakukan dengan cara ini. Untuk bisa melatih kemampuan berkomunikasi, carilah seorang teman berbicara yang memiliki level yang sama atau bahkan lebih tinggi. Mulailah dengan percakapan sederhana yang biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk mencoba sesuatu yang terlalu kompleks, karena itu akan membebani otak kamu. Lakukanlah secara perlahan tetapi pasti, sehingga kemampuan berbahasa Inggris juga bisa meningkat sedikit demi sedikit. Apabila memiliki pertanyaan, maka tanyakanlah kepada teman berbicara agar bisa segera terselesaikan.

Bagaimana tips di atas? Apabila kamu terus melatih kemampuan Bahasa Inggris menggunakan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka hasilnya akan terlihat sedikit demi sedikit. Terus berlatih dan jangan patah semangat, ya!

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini