Paantu Matsuri, festival purba yang selalu sukses takuti anak-anak

Rabu, 15 Juni 2016 16:32 Reporter : Tantri Setyorini
Paantu Matsuri, festival purba yang selalu sukses takuti anak-anak Paantu Matsuri. © Tabira Okinawa

Merdeka.com - Miyako-jima, salah satu pulau terkecil dari gugusan Kepulauan Okinawa memiliki sebuah tradisi unik untuk tolak bala. Tradisi ini disebut Paantu Matsuri atau festival Paantu.

Dilansir Rocketnews24, Paantu Matsuri adalah festival kuno yang sudah dilangsungkan selama berabad-abad. Perayaan ini berlangsung selama bulan kesembilan dari kalender China.

Pada saat Paantu Matsuri berlangsung, sejumlah pria turun ke jalan dengan kostum ala paantu. Apa itu paantu? Dia adalah monster dengan seluruh tubuh tertutup lumpur dan dedaunan. Tugas para paantu adalah mengusir setan dan membersihkan seluruh pulau dari nasib buruk. Sambil mengenakan topeng kayu yang menakutkan, mereka mengejar warga untuk mengotori tubuh mereka dengan lumpur.

paantu matsuri

Paantu Matsuri © Resort Life Miyakojima

anak-anak yang masih berusia balita juga tak luput dari kejaran para paantu. Biasanya orangtua mereka justru menyodorkan anak masing-masing agar bisa digendong dan dikotori oleh paantu. Tetapi bisa ditebak, Paantu Matsuri menjadi salah satu momen paling mengerikan dalam masa kanak-kanak mereka. Tak sedikit anak yang menangis hingga menjerit-jerit karena takut kepada paantu. Walaupun begitu, para orangtua yakin sang paantu justru memberikan keberuntungan bagi seluruh desa dengan cara ini.

paantu matsuri

Paantu Matsuri © Skyscraper City

Dulu Paantu Matsuri dilangsungkan oleh pulau-pulau kecil di Okinawa. Namun, saat ini hanya Miyako-jima yang masih melestarikan tradisi unik tersebut. Tahun ini, perayaan Paantu Matsuri akan diadakan pada tanggal 3 dan 4 Oktober 2016.

[tsr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini