Ngeri, ada taman bertema neraka di Singapura!

Rabu, 6 Agustus 2014 15:03 Reporter : Tantri Setyorini
Ngeri, ada taman bertema neraka di Singapura! Haw Par Villa, Singapura. ©2014 Merdeka.com/Oddity Central

Merdeka.com - Biasanya anak-anak akan bersemangat saat diajak ke taman ria. Tetapi mungkin tidak jika mereka diajak mengunjungi taman yang satu ini. Sebab, Haw Par Villa, sebuah taman hiburan yang berada di Singapura menghadirkan kesan yang jauh dari menyenangkan bagi anak-anak. Tidak seperti umumnya sebuah taman ria atau taman hiburan, tempat ini dipenuhi nuansa horor. Haw Par Villa memang mengusung konsep neraka dalam agama Buddha pada atraksi-atraksi yang ditawarkan.

Taman ini didirikan pada tahun 1937 oleh Aw Boon Par, pemilik pabrik pembuat salep obat terkenal Tiger Balm. Tujuannya adalah untuk mengajarkan kembali kepada masyarakat mengenai nilai-nilai budaya China dan Buddha. Banyak yang pesimis taman ini akan berumur panjang. Tetapi kenyataannya hingga sekarang Haw Par Villa masih berdiri dan tak kekurangan pengunjung setiap tahunnya, meskipun beberapa patung di sana ada yang dipindahkan ke taman lain di Singapura.

Photo by www.faithtravelfocus.com

Menurut Atlas Obscura, taman ini dipenuhi dengan patung dan diorama yang menggambarkan adegan penghukuman di neraka secara eksplisit. Jangan heran kalau Anda berkunjung ke sana dan menemukan aneka patung yang menggambarkan adegan penyiksaan sadis dan penuh kekejaman.

Photo by prafulla.net

Photo by www.weekendnotes.com

Photo by travel.cnn.com

Tak jarang warga Singapura keturunan Tionghoa yang mengaku memiliki kenangan buruk sebab dipaksa orang tua mereka berkunjung ke taman mengerikan tersebut untuk belajar tentang moral dan konsekuensi perbuatan dosa. Tetapi mereka mengakui kalau berkunjung ke taman ini merupakan sebuah pelajaran yang bagus.

Sebenarnya taman ini tidak melulu dipenuhi patung berdarah-darah. Pada bagian taman yang lain ada sebuah patung ikan koi dan kura-kura indah yang biasa digunakan para pengunjung untuk beristirahat dan berfoto. Ada juga sebuah pagoda dan replika Patung Liberty. Ada juga patung-patung yang menggambarkan kisah-kisah dalam mitologi China. Tetapi tentu saja yang paling populer di sini adalah bagian Neraka Buddha.

  [tsr]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini